SUMSEL

BMKG: Malam Tahun Baru 2024 di Beberapa Wilayah Sumsel akan Turun Hujan

JITOE.com, Palembang – Prakiraan cuaca pada malam tahun baru 2024 di Kota Palembang dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan bakal turun hujan.

“Perkiraan hujan akan turun, namun hanya dengan intensitas ringan,” kata Prakirawan BMKG Sumsel Nasrun di Palembang, Sabtu (31/12/2023).

Dia menambahkan bahwa hujan dengan intensitas ringan diperkirakan akan terjadi di beberapa daerah lainnya, seperti Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Pali, Kota Prabumulih, dan Kabupaten Ogan Ilir.

Sebelumnya, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sinta Andayani, menyatakan bahwa wilayah Sumsel telah memasuki awal musim hujan periode 2023-2024 sejak November hingga Desember.

Baca Juga:   Hadi Prayogo Bertekad Tiga Tahun PWI Sumsel Miliki Gedung Sendiri

“Peralihan musim kemarau ke musim hujan ini merupakan musim pancaroba. Ciri khas musim pancaroba ini ialah cuaca ekstrem yang bisa saja menimbulkan bencana,” katanya.

Dia menambahkan bahwa warga Sumatera Selatan harus mewaspadai fenomena musim pancaroba, yaitu peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Dengan melihat dan waspada terhadap beberapa indikasi awan tebal seperti awan colomunimbus.

“Kami imbau masyarakat dan pemangku kepentingan untuk mempersiapkan lingkungan dan memperkuat struktur bangunan agar kuat. Kemudian, membersihkan drainase untuk memperlancar aliran air,” katanya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button