Berita UnikPolitik

Nitizen Juluki Cawapres Gibran ‘Belimbing Sayur’ Makin Dirujak Lagi Sebut Ibu Hamil Perlu Asupan Asam Sulfat

Akhir-akhir ini, istilah “Belimbing Sayur” tengah menjadi pembicaraan di kalangan netizen sebagai sindiran kepada calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka.

Julukan “Belimbing Sayur” ini muncul sebagai bentuk sindiran terhadap sikap Gibran Rakabuming yang diketahui absen sebanyak tiga kali dalam acara debat cawapres 2024, dengan alasan memiliki jadwal di acara lainnya.

Bahkan, sempat ada isu bahwa Gibran Rakabuming tidak ingin ikut acara debat cawapres sehingga diwakilkan oleh juru bicara (jubir) yang ditunjuk.

Akibatnya, banyak netizen yang menyinggung cawapres Gibran Rakabuming sebagai “Belimbing Sayur” yang enggan untuk dihadapkan pada pertanyaan.

Nama Gribran lagi-lagi kembali viral.

Pada acara ‘Diskusi Ekonomi Kreatif Bersama Mas Gibran’ di kawasan Senopati, Jakarta Selatan (03/12/2023). Gibran menyebut ibu hamil harus mengkonsumsi asam sulfat.

Terang saja, salah penyebutan itu membuat Gribran kembali dirujak.

Baca Juga:   14 Februari 2024: Pastikan Nama Anda Terdaftar di DPT dan Ingat Aturan Ini

Maksud Gibran adalah asam folat, tapi malah menyebut asam sulfat yang merupakan senyawa kimia untuk membuat pupuk atau alat peledak.

“Yang penting jangan dikonsumsi jangan ada yang mengikuti ajakan itu. Kalau nggak nanti ususnya bisa berantakan,” ucap Yenny Wahid, dikutip dari Wartakotalive.com, Kamis (07/12/2023).

“Kemarin nyuruh ibu hamil banyak mengkonsumsi asam sulfat. Hahaha. Lah modar ibu-ibu kalau dikasih asam sulfat. Apalagi lagi hamil. Ya Allah, belimbing sayur,” kata salah seorang nitizen dalam video di channel Youtube Basten Sebo

***

Dikutip dari berbagai sumber pada Senin (4/12/2023), istilah “Belimbing Sayur” sebagai julukan untuk Gibran Rakabuming ini memiliki makna yang menarik.

Belimbing Wuluh atau Belimbing Sayur merupakan salah satu jenis buah dalam genus Averrhoa, tumbuh hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, dan biasanya ditanam sebagai tanaman pekarangan atau peneduh di halaman rumah.

Baca Juga:   5 Pesan Presiden Jokowi kepada KPU Soal Pemilu Serentak 2024

Pohon-pohon ini berasal dari Amerika tropis dan membutuhkan tempat yang terkena cahaya matahari langsung serta cukup lembab untuk tumbuh. Karakteristik khas Belimbing Sayur adalah buahnya yang berbentuk lonjong bulat dan berwarna hijau kekuningan.

Netizen menggunakan sindiran “Belimbing Sayur” dengan mengaitkannya pada Gibran Rakabuming, menggambarkan buah ini sebagai asam, kecut, dan mudah rontok. Sindiran ini terkait dengan absennya Gibran Rakabuming dalam debat serta isu bahwa ia tidak ingin berpartisipasi dan mengirim juru bicara sebagai penggantinya.

Dengan ciri-ciri “Belimbing Sayur” yang mudah rontok, netizen ingin menyampaikan bahwa Gibran Rakabuming dianggap cenderung menyerah atau enggan mengikuti debat karena takut menghadapi pertanyaan masyarakat.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button