PalembangSUMSEL

Tak Lagi Gratis, Pembayaran Angkot feeder Gunakan QRIS

Editor: M. Anton

JITOE – Angkutan Kota (Angkot) feeder LRT Emas yang menghubungkan masyarakat Palembang menuju stasiun Light Right Transit (LRT) sudah tak lagi gratis.

Pembayaran Feeder di koridor 1 yaitu rute Talang Kelapa-Talang Buruk, dan di koridor 2 rute Asrama Haji-Sematang Borang Rp 4.000 ribu bagi masyarakat umum.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Palembang, Arief, mengatakan, untuk feeder peraturannya sama dengan Teman Bus.

“Untuk feeder per 31 Oktober 2022 sudah mulai berbayar, sama seperti Teman Bus. Hanya untuk Petunjuk Teknis (juknis) masih menunggu dari Kemenhub,” kata Arief, Selasa (1/11/2022).

Seperti halnya Teman Bus, Arief menuturkan, cara pembayaran untuk angkutan feeder juga menggunakan kartu khusus atau aplikasi Qris (non-tunai).

Baca Juga:   Pastikan Tak Ada Genangan Air Tinggi Setelah Hujan Deras, Ratu Dewa Tinjau Langsung

“Kalau untuk bayar secara manual kita masih menunggu informasi dari atas,” kata Arief.

Arief mengatakan, pihaknya menunggu instruksi atau arahan dari Kementerian Perhubungan karena pembiayaan angkutan feeder bersumber dari APBD. Hal ini dilakukan lantaran selama ini untuk pendanaan menggunakan APBN.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki QRIS dapat meminjam pembayaran dengan penumpang di sebelahnya ataupun meninjam QRIS dengan Team Feeder yang berada di pangkalan (jika ada).

Saat ini kriteria yang masih dapat menggunakan tarif nol rupiah yaitu Pelajar Sekolah, Difabel dan Lansia (masih gratis).

Baca Juga:   BPOM Sita 7.536 Produk Kosmetik Ilegal yang Tersebar 4 Kabupaten/ Kota di Sumsel

Untuk koridor 3 yaitu rute Jakabaring-Perum OPI masih gratis alias tidak dipungut biaya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button