SUMSEL

Kocok Ulang Kabinet, Jokowi Angkat 2 Menteri dan 3 Wakil Menteri Baru

JITOE – Presiden Joko Widodo secara resmi mengangkat 2 (dua) menteri dan 3 (tiga) wakil menteri dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju, dan mencopot sejumlah menteri dan wakil menteri lama.

Jokowi memutuskan ‘kocok ulang’ kabinet dan mengumumkannya di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu 15 Juni 2022.

Dihitung dari sejak menjabat sebagai presiden selama dua periode, reshuffle kali ini merupakan perombakan kabinet ketiga yang dilakukan Jokowi.

“Demi Allah SWT saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi saat pengambilan sumpah jabatan kelima pejabat yang dilantik.

Dalam resuffle ini, Jokowi menunjuk dua nama baru untuk menggantikan menteri yang dicopot. Salah satunya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Pada Maret lalu, sejumlah politikus PAN menyatakan Jokowi telah bertemu dengan Zulkifli. Dalam pertemuan itu, presiden meminta Zulkifli menyiapkan nama untuk mengisi posisi menteri. Pria yang akrab disapa Zulhas itu akan menggantikan Mendag sebelumnya Muhammad Luthfi.

Dikabarkan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi akan dicopot sejak beberapa bulan terakhir. Dia dianggap gagal menangani masalah kelangkaan dan melonjaknya harga minyak goreng di tanah air.

Baca Juga:   Pemkot Palembang Beri Bantuan Sembako ke Delapan Kali di Awal Tahun

Lalu terdapat nama mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi akan menggantikan Sofyan Djalil yang telah menduduki jabatan itu sejak 2016 lalu.

Posisi wakil menteri di kabinet Jokowi juga akan mengalami perombakan. Salah satunya Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni akan dilantik menjadi Wakil Menteri ATR/BPN, menggantikan sesama kader PSI Surya Tjandra yang telah menduduki jabatan tersebut sejak 2019 lalu.

Sementara itu, Jokowi juga menempatkan dua orang pada posisi kosong wakil menteri dalam Negeri (Wamendagri) dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Baca Juga:   Tarif Terbaru Tol Bakauheni-Palembang 2023, Waktu Tempuh Mudik Cuma 3,5 - 4 Jam

Dua tokoh yang akan mengisi posisi itu yakni Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Watipo dilantik sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Berikut Daftar menteri baru dilantik Jokowi :

  1. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi.
  2. Eks Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria menggantikan Sofyan Djalil.
  3. Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri
  4. Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.
  5. Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria menggantikan rekan separtainya Surya Tjandra.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button