Olahraga

Fantastis, Jepang Kalahkan Spanyol, Masuk ke 16 Besar Singkirkan Jerman

Editor: M. Anton

JITOE – Gol kontroversial Ao Tanaka ke gawang Spanyol, membawa timnas Jepang masuk ke babak 16 besar. Laga penentu Grup E tersebut ditutup dengan kemenangan Samurai Biru 2-1 atas Metador.

Jerman yang unggul melawan Costa Rica 4 – 2 juga di Grup E, terpaksa harus gigit jari karena kalah poin. Dipastikan Jepang dan Spanyol lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dari Grup E.

Pada babak pertama antara Jepang vs Spanyol di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Samurai Biru sempat ketinggalan lewat gol Alvaro Morata sejak menit ke-11. Jepang baru membalas di babak kedua. Ritsu Doan menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1.

Baca Juga:   Maskot ASEAN Para Games 2022, Rajamala Sang Penolak Balak

Kontroversi terjadi pada gol kedua Jepang. Gelandang Jepang Ao Tanaka menyontek bola kiriman umpan silang Kaoru Mitoma dan memperdaya kiper Spanyol Unai Simon, tetapi bola tampaknya sudah keluar terlebih dahulu.

Setelah pemeriksaan VAR yang panjang, wasit Victor Gomes akhirnya diinstruksikan untuk mengesahkan gol tersebut, yang pada prosesnya membantu Jepang mengklaim kemenangan 2-1.

Di media sosial, banyak yang mempertanyakan keabsahan gol Jepang. Beberapa menilai bola memang belum keluar sepenuhnya, sebagian lainnya beranggapan VAR membuat kesalahan.

Sulit untuk menentukan bagaimana VAR mencapai kesimpulan untuk mengesahkan gol tersebut, tapi keputusannya adalah seluruh bola belum melewati garis, meski terlihat sebaliknya dari tayangan ulang televisi.

Baca Juga:   Messi Bakal Dipecat PSG, Jika Perancis Kalah di Final Piala Dunia?

Adapun foto-foto yang tersebar di media sosial tampaknya menceritakan kisah yang berbeda dan itu tentu saja merupakan salah satu keputusan Piala Dunia yang paling kontroversial sejauh ini. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button