Olahraga

Gubernur Sumsel Serahkan Urusan Penunjukan Tuan Rumah Piala Dunia U-20 ke Pemerintah Pusat

JITOE – Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menanggapi kabar terkait pengurangan jumlah stadion utama untuk Piala Dunia U-20 dari 6 menjadi 4.

Terkait kabar tersebut, pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan terkait penunjukan daerah itu untuk menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia yang dimulai pada bulan Mei tahun ini kepada pemerintah pusat.

Pasalnya, FIFA menilai Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang bermasalah pada tempat parkir.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Saya sudah dengar kabar itu, semua tak luput dari catatan minus FIFA. Ya, kita serahkan urusan itu ke pemerintah pusat dan FIFA keputusannya,” kata Deru.

Untuk itu, Deru menegaskan apabila penilaian kesiapan sebuah daerah untuk menggelar Piala Dunia itu dilakukan secara objektif maka Sumsel akan tetap menjadi salah satu tuan rumah.

Baca Juga:   Piala AFF 2022, Polisi Dilarang Gunakan Gas Air Mata, Bawa Senpi, dan Masuk ke Stadion

Sebab pertimbangannya tidak sekedar kesiapan infrastruktur stadion utama atau latihan saja, tapi juga transportasi, keberadaan penginapan kontingen dan atlet, destinasi wisata, pusat kesehatan untuk tindakan urgensi tinggi.

“Nah semua faktor itu ada dan lengkap loh di Sumsel ini. Bila dilihatnya secara objektif,” kata dia.

Dia menyebutkan, terlepas terpilih atau tidak Sumsel sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 nantinya bukanlah menjadi sebuah masalah.

Sebab, menurutnya, hal yang terpenting adalah bagaimana Indonesia bisa dan mampu mencetak sejarah, sukses menjadi tuan rumah ajang olahraga sepak bola tingkat remaja dunia yang paling bergengsi itu.

“Jadi kalau Sumsel jadi bagian yang ditunjuk FIFA, ya Alhamdulillah, itu doa kita atas persiapan yang telah dilakukan beberapa tahun ini,” imbuhnya, Menteri BUMN, Menteri PUPR, Menteri Pemuda dan Olahraga RI diagendakan akan melakukan kunjungan ke Sumsel, 11 Maret 2023, untuk memastikan ulang kesiapan Sumsel sebagai salah satu tuan rumah.

Baca Juga:   Jumlah Gol Penalti Fernandes Kalahkan Klub Liga Inggris

Piala Dunia U-20 2023 yang dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei -11 Juni rencananya berlangsung di enam stadion yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia. (*)

Editor: M. Anton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button