PalembangSUMSEL

Dies Natalis UIN Ke-59, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pentingnya Pendidikan Akhlak, Karakter dan Mental

JITOE.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menilai pentingnya pendidikan akhlak, karakter dan mental bagi penerus bangsa guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal ini diungkapkan pada Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-59 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang di Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Kampus A, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (22/11/2023).

“Pendidikan itu penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan ini menjadi solusi dalam memutus mata rantai kemiskinan. Dengan punya pendidikan akan mempunyai lapangan pekerjaan, dengan mempunyai lapangan pekerjaan akan mempunyai penghasilan, dengan mempunyai penghasilan akan bisa mengentaskan kemiskinan,” kata Fatoni.

Menurutnya, di era saat ini seseorang tidak cukup hanya bermodalkan ilmu pengetahuan. Namun juga harus diikuti dengan penguasaan akhlak dan karakter agar mampu bersaing.

Baca Juga:   Herman Deru Terkejut, Listrik Kantor Koni Sumsel Diputus PLN

“Dalam memperbaiki kondisi masyarakat, tidak cukup hanya berbekal ilmu pengetahuan saja. Tapi juga butuh bekali  akhlak yang baik dengan karakter yang kuat, mental dan motivasi yang tinggi sehingga sumber daya manusia mempunyai daya saing,” ucap Fatoni.

Fatoni menyebut dunia pendidikan diharapkan bukan hanya memberikan bekal ilmu pengetahuan, tetapi juga memberikan bekal keterampilan untuk pendidikan karakter, akhlak dan juga pendidikan mental spiritual.

“Peran UIN selama ini kami cukup bangga dan memberikan apresiasi, sudah banyak yang dilakukan dan itu kita bisa rasakan bersama-sama,” ujarnya.

Fatoni juga mengajak jajaran UIN Raden Fatah Palembang untuk terus menjaga semua prestasi yang telah dicapai. Dia juga mengajak jajaran civitas akademika UIN Raden Fatah agar tetap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dalam menjaga kondusifitas wilayah Sumsel.

“Kita perlu terus menjaga prestasi capaian kinerja yang selama ini sudah diraih baik oleh pemerintah provinsi. Kita terus perlu menjaga iklim kondusif di Sumatera Selatan yang selama ini sudah tercipta, kita terus perlu menjaga agar apa yang sudah baik perlu terus ditingkatkan,” ucapnya.

Baca Juga:   BMKG Sebut Kabut Melanda Palembang Bukan karena Kahutla

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Nyayu Khodijah mengatakan UIN Raden Fatah saat ini telah mendapatkan predikat akreditasi unggul. Bersamaan dengan Dies Natalis ke-59 ini juga berlangsung pengukuhan enam guru besar di di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

Keenam guru besar tersebut di antaranya, Prof. Dr. Mawangir, M.Ag, Prof. Dr. Rr. Rina Antasari, M.Hum, Prof. Dr. Qodariah Barkah, M.Ag, Prof. Dr. Dian Erlina, M.Ed, Prof. Dr. Abdurahmansyah, M.Ag, Prof. Dr. Uswatun Hasanah, M.Ag.

“Dengan harapan semoga capaian guru besar yang hari ini sudah dikukuhkan dapat meningkatkan kebermanfaatan Bapak dan Ibu bagi Agama, bangsa, dan negara khususnya bagi kemajuan UIN Raden Palembang,” ungkapnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button