MurataraSUMSEL

Usai Ditelpon Presiden, Dirut PLN Inspeksi Langsung ke RSUD Rupit

JITOE.com, Muratara – Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, inspeksi langsung ke RSUD Rupit di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, pada Sabtu (01/06/2024) untuk memastikan peningkatan keandalan listrik. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo, dengan tujuan memperbaiki pasokan listrik tidak hanya di RSUD Rupit, tetapi juga di seluruh Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Kami hadir di sini untuk langsung menindaklanjuti dengan cepat arahan Bapak Presiden. Yaitu memastikan peningkatan kualitas dan keandalan pasokan listrik, tidak hanya untuk RSUD Rupit ini, tetapi untuk seluruh wilayah Musi Rawas Utara,” ucap Darmawan dalam keterangan tertulis.

Darmawan menjelaskan bahwa pihaknya telah memeriksa dan memetakan kondisi di lapangan. Menurutnya, masalah keandalan listrik disebabkan oleh panjangnya jaringan distribusi yang mencapai 70 kilometer, serta kondisi geografis yang melewati perbukitan dan perkebunan.

Baca Juga:   Sumsel Ekspor 16,61 ton Komoditas Pertanian Senilai Rp244,4 miliar

“Untuk solusi cepat, kondisi tegangan yang tidak stabil dan mengalami penurunan keandalan di RSUD sudah kami selesaikan,” tutur Darmawan.

Sebagai solusi jangka pendek, PLN telah memasang infrastruktur tambahan yang dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS) untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik. RSUD yang sebelumnya hanya dipasok oleh satu jalur kini ditingkatkan menjadi dua jalur pasokan.

“Bahkan kami tambah jaringan khusus untuk RSUD. Sehingga dalam waktu cepat masalah ini bisa diselesaikan,” tambah Darmawan.

Untuk meningkatkan keandalan listrik di Musi Rawas Utara secara keseluruhan, PLN juga melengkapi gardu hubung dengan kapasitor, sehingga suplai listrik menjadi lebih andal.

Selain solusi jangka pendek, PLN telah menyiapkan solusi jangka panjang berupa penambahan gardu induk dan infrastruktur transmisi. Infrastruktur ini akan meningkatkan keandalan dan kualitas pasokan listrik secara permanen di seluruh Kabupaten Musi Rawas Utara.

Baca Juga:   Mewujudkan Pagaralam Jadi Kota Pertama Gunakan Energi Hijau

“Kita tidak berhenti di situ, kita langsung membangun infrastruktur yang permanen dan kokoh. Kami percepat pembangunan transmisi dan gardu induk agar bisa diselesaikan pada tahun depan,” tutur Darmawan.

Untuk keberhasilan pembangunan ini, Darmawan meminta dukungan dari pemangku kepentingan dan masyarakat Musi Rawas Utara.

“Tadi langsung kita diskusi terkait tantangan di lapangan, kami yakin dengan dukungan luar biasa dari Bapak Bupati dan kolaborasi, tantangan yang ada bisa kita hadapi agar listrik di Kabupaten Musi Rawas andal. Kami yakin listrik ini akan bermanfaat bagi peningkatan investasi, pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Darmawan.(*)

Presiden Jokowi saat menelpon Dirut PLN untuk menyelesaikan masalah listrik di di RSUD Rupit,Muratara, Kamis (30/05/2024) | Foto@Humas Pemprov Sumsel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button