PalembangSUMSEL

Pemprov. Sumsel Gelar Literasi Digital Pentingnya Media dalam Penyebaran Informasi

JITOE.com, Palembang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel kembali menggelar Literasi Digital dengan Tema “Pentingnya Peran Pengelola Media dalam Mendukung Penyebaran Informasi yang Real Time dan Kreatif di Era Digital” bertempat di Hotel Novotel Palembang, Kamis (30/11/2023).

Membuka Acara ini, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Kurniawan AP., M.Si., mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh Kominfo untuk menyamakan persepsi dengan Para OPD di lingkungan Pemprov Sumsel dalam mempublikasikan berbagai kegiatan yang ada di dinasnya.

“Para OPD diharapkan dapat memberikan informasi yang bersifat edukatif dan Informatif. Saya berharap kita bisa memahami dan tidak kaku dalam hal pemberitaan, terutama tentang bagaimana mengemas informasi yang ada agar lebih menarik,” katanya.

Ditengah perkembangan media yang sangat cepat. Kurniawan mengharapkan Setiap OPD dapat ikut menyebarluaskan kegiatan dan program yang ada di dinasnya. Kontennya dapat berupa berita, foto atau video dengan kreativitasnya masing-masing.

Baca Juga:   Pasca 'Pembersihan Wajah Kota' Jln. Kapten A Rivai dan Angkatan 45 Palembang Kembali Kinclong

“Saya berharap literasi digital ini bisa ini dapat dilaksanakan lagi dan dikembangkan secara teknis dan dilaksanakan dengan lebih luas. Terutama dalam kesiapan SDM yang ada di OPD masing-masing,” katanya

Ia harap kegiatan ini akan menghasilkan output yang baik bagi para OPD untuk menghasilkan konten yang edukatif dan informatif terutama tentang berbagai pembangunan yang dilakukan oleh Pemprov Sumsel melalui OPD masing-masing. Hal inu perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran berita hoax.

Sementara itu, Dinas Kominfo Sumsel, Rika Efianti, SE., MM., melaporkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan konten kreator yang dapat membangun komunikasi aktif, kreatif, update yang dapat, bersaing secara global, memiliki kreatifitas, mengetahui batasan dan aturan.

“Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memahami dan menguasai keterampilan dasar pembuatan konten. Mengerti cara berbicara, merekam, menggunggah (upload), mengetahui teknik pembuatan berita agar informasi Pemprov Sumsel tersampaikan dengan baik,”ungkapnya.

Baca Juga:   Sehari Tak Keluar Rumah, Ketika Diperiksa Sudah Tak Bernyawa

Selain itu, Ia memberikan pemahaman kepada peserta agar mengetahui etika penulisan agar tidak bersinggungan dengan hukum. Meningkatkan pengetahuan SDM dalam hal cara membuat sebuah produk teknologi yang tepat guna.

“Kegiatan inj juga untuk mempersiapkan SDM yang siap menghadapi permasalahan di ada dan dijadikan sebagai peluang. Serta memberikan pengetahuan kepada peserta menjadi motor penggerak perekonomian dengan menciptakan lapangan-lapanganlapangan yang kerja baru,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan kegiatan ini akan menciptakan Branding Provinsi Sumatera Selatan yang baik di mata masyarakat karena untuk menyampaikan informasi akurat, terpercaya dan up to date.

Pemprov Sumsel melalui Diskominfo mempunyai peran penting dalam membentuk penyebaran informasi yang bermutu ditengah kemajuan digitalisasi. Dinas Kominfo tidak dapat bekerja sendiri, untuk itulah pada kesempatan ini kami mengajak seluruh OPD dan penggiat medsos menciptakan branding Provinsi Sumatera Selatan yang baik di mata masyarakat dan menyampaikan informasi secara akurat, terpercaya dan up to date.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button