OKUSUMSEL

“Gubernur Tinjau Lokasi Bencana Banjir di RSS Sriwijaya, Hingga Makan Bersama di Posko Penanggulan Bencana”

JITOE – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru beserta rombongan meninjau ke Perumahan RSS. Sriwijaya di Kelurahan Sekar Jaya yang terdampak banjir bandang, Ahad (30/04/2023) pukul 15.00 WIB.

Hujan yang mengguyur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sejak Sabtu (29/04/2023) sekitar pukul 18.00 Wib hingga Ahad Subuh (30/04/2023) mengakibatkan setidaknya empat desa dan beberapa kelurahan di wilayah ini terendam.

Manager Pusdalops Gunalfi menjelaskan, desa-desa yang terdampak rendaman banjir yakni Desa Terusan, Tanjung Baru, Tanjung Kemala dan Kemalaraja. Dimana semua desa tersebut berada dalam Kecamatan Baturaja Timur. Banjir juga menerjang pemukiman warga di Kecamatan Batumarta.

Baca Juga:   Selamatkan Warga Bunuh Diri, Personel Polsek Semidang Aji dapat Penghargaan dari Kapolres OKU

Hujan yang berintensitas tinggi dalam beberapa hari ini mengguyur Kabupaten OKU menyebabkan permukaan air Sungai Ogan meluap, kemudian menggenangi pemukiman warga dengan ketinggian 100-160 cm sentimeter, serta merendam sekurangnya sekitar 699 rumah warga.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun warga sudah siap siaga apabila banjir yang lebih besar bakal menerjang perumahan warga, seperti yang terjadi beberapa bulan lalu yang menimbulkan kerugian materi yang sangat besar.

Menurut Siti Rogaya, salah seorang warga yang juga guru SDN di sekolah setempat, kehadiran Gubernur Herman Deru di Perumahan RSS Sriwijaya, menjadi pelipur lara dan hiburan tersendiri bagi warga.

Baca Juga:   Kapolres OKU Terima Sertifikat 1001 Atas Inovasi Energi Baru untuk Negeri

“Disamping memberikan bantuan sembako kepada warga, Gubernur dan Bupati beserta rombongan berkenan makan bersama, menikmati hidangan yang disediakan para ibu-ibu di posko penanggulangan bencana,” ujar Siti Rogaya.

Gubernur berjanji akan melakukan normalisasi sungai di RSS Sriwijaya dengan menggelontorkan dana sekitar Rp 8 Milyar, agar musibah banjir ini dapat ditanggulangi dan tidak akan terjadi lagi.

Dalam kesempatan itu pula, Herman Deru memberi pengarahan dan support kepada warga beserta tim BPBD OKU dengan sejumlah personel di lokasi bencana untuk membantu warga membersihkan rumah dari sampah dan lumpur yang terbawa arus banjir. (J2/*)

Editor : Ahmad Subari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button