Olahraga

Syok! Ikuti Jejak Arab Saudi, Kini Jepang Tumbangkan Jerman

Editor: M. Anton

JITOE – Timnas Samurai Biru membuat kejutan besar pada pertandingan pertamanya di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Jerman dengan skor 2-1.

Skor yang sama ketika Arab Saudi mengalahkan Argentina.

Pada babak pertama, Jerman lebih unggul dari penguasaan bola hingga serangan. Jepang hanya menguasai sekitar 19 persen distribusi bola.

Di menit ke-31, kiper Gonda melakukan pelanggaran terhadap David Raum di area kotak penalti. Lalu Iklay Gundogan mengeksekusi tendangan pinalti dan menaklukkan kiper Shuichi Gonda. Skor 0-1 untuk Jerman.

Di akhir babak pertama, Jepang masih terus dalam tekanan Jerman. Namun skor tak berubah.

Baca Juga:   Tenang, Jerman Masih Berpeluang ke-16 Besar

Pada babak kedua Jerman sempat memberikan ancaman. Empat kali penyelamatan gemilang kiper Gonda dan kesolidan barisan pertahanan Jepang membuat Jepang terbebas dari kebobolan.

Kemudian, pada periode-periode akhir babak kedua, Jepang menaikkan tempo permainan.

Di menit ke-75, Ritsu Doan berhasil memanfaatkan bola rebound hasil blok kiper Jerman Manuel Neuer. Sehingga menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Sepertinya pertandingan akan berakhir seri. Namun, pada menit ke-83, Takuma Asano menyambut umpan panjang Kou Itakura dari pertahanan Jepang yang dianggap offside oleh pemain-pemain Jerman.

Asano melakukan sprint yang tak bisa diimbangi Nico Schlotrerbeck untuk kemudian menaklukkan Neuer dari sudut sempit.

Baca Juga:   Menpora Ajak Masyarakat Tetap Aktif Berolahraga Lewat Program WAH

Skor 2-1 untuk Jepang.

Walaupun sudah berusaha keras menyamakan kedudukan pada menit-menit terakhir, dan terdapat penambahan waktu. Namun nasib yang yang sama seperti dialami Argentina, membuat Jerman mengalami mimpi buruk di awal pertandingannya.

Jepang pun menjadi pemenang laga ini dan sekaligus tim kedua setelah Arab Saudi yang menciptakan kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 di Qatar. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button