Politik

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Meningkat, Lampaui Anis dan Prabowo

JITOE – Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil servei terbaru elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang sebelumnya sempat turun imbas penolakan terhadap timnas Israel di Piala Dunia U-20, kini kembali naik secara signifikan.

Survei digelar pada 11-14 April 2023 dengan metode random digit dialing (RDD) dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Menurut Direktur Riset SMRC, Deni Ibrani, Ganjar kembali mendapat dukungan sebesar 16,5 persen.

“Sangat dekat dengan perolehan suara Prabowo Subianto yang mencapai 16,3 persen,” kata Deni dalam keterangannya, Sabtu (15/04/2023).

Baca Juga:   JK Sebut 2 Syarat Dampingi Anies Baswedan di PIlpres 2024

Deni menjelaskan Ganjar mengalami peningkatan dukungan sebesar 3,5 persen. Ia menyebut pada pekan pertama April, dukungan terhadap Ganjar hanya sebesar 13 persen, lalu meningkat menjadi 16,5 persen pada pekan kedua.

Sementara dukungan terhadap Prabowo mengalami pelemahan dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen pada periode yang sama. Deni mengatakan pada periode yang sama dukungan untuk Anies Baswedan cenderung stagnan.

“Dengan perolehan suara yang bergerak dari 10,7 persen menjadi 9,8 persen,” kata Deni.

Sementara itu, dalam format semi terbuka dengan daftar 30 nama dan kesempatan bagi responden untuk menyebutkan nama lain di luar daftar tersebut, dukungan terhadap Ganjar Pranowo justru semakin besar, yakni mencapai 24,3 persen.

Baca Juga:   Bawaslu Sumsel Ajak Warga Laporkan Pelanggaran Pemilu 2024

Kemudian, untuk simulasi dengan enam nama, Ganjar tetap memimpin dengan perolehan suara sebesar 26,8 persen, diikuti oleh Prabowo dengan 25,4 persen.

Kemudian, Anies 16,7 persen, Ridwan Kamil 13,8 persen, Mahfud MD 4,1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen.

“Dalam keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih,” ujarnya. (*)

Editor: M. Anton

Related Articles

One Comment

  1. Survei yang dilakukan sekarang banyak banyak pesanan karena mereka juga bertindak sebagai jurkam. Jika ingin melihat hasil yang sesungguhnya, lihat polling di google, Twiter. Angka Anis 70 kali lipat tak terkejar oleh calon lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button