BudayaPalembangReligiSUMSEL

Ribuan Warga Palembang Ikuti Ziarah Kubro Tradisi Unik Tahunan Memasuki Bulan Suci Ramadhan

JITOE – Ribuan warga Palembang dan kuturunan Arab mengikuti Ziarah Kubro, tradisi tahunan jelang 10 hari memasuki bulan suci Ramadhan.

Tradisi ini merupakan simbol penghormatan kepada para ulama dan auliya Palembang dan dilaksanakan selama tiga hari dari mulat Jumat 10 Maret 2023 hingga Minggu 12 Maret 2023).

Sembari melantunkan sholawat dan kalimat thayyibah, di hari pertama ribuan peserta berjalan menyusuri Jalan M Isa menuju Pemakaman Al Habib Ahmad bin Syeik Shahab atau yang lebih dikenal dengan Pemakaman Gubah Duku. Selanjutnya ke Rauhah dan Taushiah di Pondok Pesantren Ar-Riyadh, ziarah pemakaman Auliya’ dan Habaib Seberang Ulu (Telaga Sewidak dan Babus Salam As-Seggaf).

Ribuan peserta dengan pakaian serba putih ini berjalan berkilo-kilo meter dengan sebagian membawa umbul-umbul bertuliskan kalimat tauhid yang dimaksudkan agar umat Islam mengikuti jejak perjalanan para ulama dan auliya dalam mengembangkan agama Islam.
Kemudian rangkaian acara di hari kedua, menziarahi Rauhah dan Haul Al-Faqihil Muqaddam Tsani Al-Imam Al-Habib Abdurrahman As-Seggaf bin Muhammad Maula Ad-Dawilaih, Haul Al-Habib Abdullah bin Idrus Shahab dan Al-Habib Abdurrahman bin Ahmad Al-Bin Hamid.

Baca Juga:   Kala Imlek Penumpang Pesawat di Bandara SMB II Melonjak

Pada puncak acara ribuan massa tersebut menziarahi makam Al-Habib Pangeran Syarif Ali Syeikh Abubakar, Pemakaman Kesultanan dan Auliya’ Kawah Tengkurep, serta Pemakaman Kesultanan, Auliya’ dan Habaib Kambang Koci.

“Ziarah kubro untuk mengingatkan warga pada perjyangan para ulama dan auliya serta juga sebagai bentuk penyambutan terhadap datangnya bulan sui Ramadan. Dan yang paling penting sebagai bentuk mengingat kematian,” kata Sesepuh Habaib Palembang, Habib Mahdi Syahab, Jumat (10/3/2023).

Tradisi ziara kubro di Palembang sudah menjadi objek wisata religi yang dihadiri peserta dari berbagai negara seperti Brunai Darussalam, Singalura, Arab Saudi dan Malaysia. “Kegiatan ini rangkaiannya hingga hari Minggu (12/03/2023),” kata Sekretaris Panitia Ziarah Kubro, Habib Abubakar Rafis Bsa.

Baca Juga:   Kewenangan Terbatas: Butuh PJ, Bukan Plh Bupati OKU

Sementara itu, Sekretaris Daerah Palembang Ratu Dewa menjelaskan untuk menyukseskan Ziarah Kubro, pihaknya membantu panitia mulai dari keamanan, kebersihan, kesehatan, dan lainnya. Selain itu, Pemkot Palembang juga menyiapkan fasilitas pendukung seperti mobil ambulans, mobil tanki air, kipas angin, dan lampu penerangan di sejumlah makam yang dijadikan lokasi kegiatan. (*)

Editor: M. Anton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button