Nasional

PT. Pos, Kominfo dan TNI AU Terbitkan Prangko Empat Pahlawan Nasional Angkatan Udara

JITOE.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dan PT Pos Indonesia menerbitkan prangko bertema Pahlawan Nasional TNI AU pada tanggal 10 November 2023.

Prangko seri Pahlawan Nasional dari Angkatan Udara tersebut menampilkan gambar Marsekal Muda TNI Anumerta Abdulrachman Saleh, Marsekal Muda TNI Anumerta Agustinus Adisutjipto, Marsekal Muda TNI Anumerta Halim Perdanakusuma, serta Marsekal Pertama TNI Anumerta Iswahjudi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan penerbitan prangko itu merupakan bentuk apresiasi kepada Pahlawan Nasional TNI AU.

“Kita sudah sepatutnya bangga dengan prangko yang diusulkan dan dipilih langsung oleh TNI AU, yang merupakan salah satu institusi kebanggaan Bangsa Indonesia,” ungkapnya dalam Peluncuran Prangko Pahlawan Nasional TNI AU di Markas Besar TNI Cilangkap Jakarta Timur, Senin (04/12/2023).

Baca Juga:   Penduduk Miskin Menurut Pulau Pada 2021

Menteri Budi Arie mengharapkan penerbitan prangko tersebut juga menjadi momentum pemacu semangat bagi seluruh prajurit TNI AU.

“Untuk terus mengabdi dan berjuang, demi menjaga Dirgantara Nusantara,” ujarnya.

Menurut Menkominfo, prangko bertema Pahlawan Nasional Angkatan Udara menerapkan teknologi digital.  “Karena disematkan kode khusus yang dapat memberikan informasi lebih detail apabila dipindai atau diakses melalui aplikasi,” tuturnya.

“Marsekal Muda TNI Anumerta Abdulrachman Saleh, telah berjasa dalam menyiarkan berita proklamasi indonesia hingga ke luar negeri, sekaligus mendirikan Radio Republik Indonesia dan Sekolah Teknik Udara serta Sekolah Radio Udara di Malang,” tutr Menteri Budi Arie.

Selanjutnya, Marsekal Muda TNI Anumerta Agustinus Adisutjipto, telah berjasa dalam menerbangkan pesawat berbendera merah putih pertama di langit Yogyakarta, pada 27 Oktober 1945.

Baca Juga:   Awal 2023, Harga Eceran Rokok Mulai Melesat

Sedangkan Marsekal Muda TNI Anumerta Halim Perdanakusuma, telah berjasa dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia di Sumatra pada tahun 1948, dan aktif mengembangkan Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) khususnya di Bukittinggi.

“Marsekal Pertama Tni Anumerta Iswahjudi, dikenal sebagai tokoh yang membuka hubungan dengan negara lain untuk mencari senjata dan bantuan lain, yang diperlukan dalam mempertahankan kemerdekaan,” jelas Menkominfo.

Menteri Budi Arie mengajak semua elemen bangsa terus mendukung upaya peningkatan kualitas prangko indonesia.

“Bersama dengan PT Pos Indonesia, kami mengharapkan masukan-masukan tema atau seri penerbitan prangko ke depannya,” ungkapnya.

Dalam acara itu hadir Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan keluarga Pahlawan Nasional TNI AU.(*) RIL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button