Nasional

Presiden Resmikan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Tol Pertama di Bumi Rafflesia

JITOE.com, Bengkulu – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadapi sejumlah agenda dalam kunjungan kerja hari kedua di Bengkulu, Kamis (20/07/2023). Di antaranya meresmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung di Kota Bengkulu.

Dalam peresmian tersebut Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Peresmian ditandai dengan pemukulan alat musik Bengkulu ‘Raja Dol’ dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Jokowi.

Dalam sambutannya di Bumi Raflesia tersebut, Jokowi menyebut ruas jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung akan segera beroperasi. Diharapkan hal ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi baru.

Baca Juga:   Ini Dia Bentuk Penampakan 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 dan Penjelasannya

“Dengan selesainya jalan tol akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mobilitas orang, mobilitas barang dan kita harapkan dapat mensejahterakan masyarakat sebab daya saing Bengkulu akan meningkat dengan baik,” kata Jokowi di Gerbang Tol Bengkulu – Taba Penanjung Kota Bengkulu, Kamis (20/07/2023).

Jokowi optimis keberadaan tol pertama di Provinsi Bengkulu dapat memunculkan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Perlu diketahui, pembangunan ruas Tol Bengkulu – Taba Penanjung, pemerintah pusat menganggarkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp4,8 triliun dan merupakan bagian dari ruas Bengkulu ke Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga:   Pembuat Miniatur Pesawat Garuda Dapat Hadiah Modal Usaha dari BRI Rp 50 Juta

Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung merupakan bagian dari feeder jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang kurang lebih 98 km yang terbagi dalam 2 tahap. Untuk tahap 1 Bengkulu-Taba Penanjung dengan total panjang 16,7 km dan telah beroperasi sejak akhir 2022.

Sementara tahap 2 Lubuk Linggau-Taba Penanjung sepanjang 80 km yang masuk dalam tahap IV pembangunan JTTS sesuai Perpres Nomor 131 Tahun 2022.  (*)

Presiden Resmikan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Tol Pertama di Bumi Rafflesia
Gerbang Tol (GT) Bengkulu di ruas jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung. | Foto@Hutama Karya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button