PalembangSUMSEL

Pj Gubernur Sumsel Minta Camat dan Kades Fokus Program Prioritas Pemerintah Sumsel

JITOE.com, Palembang – Camat, Lurah, dan Kepala Desa (Kades) di Sumatera Selatan diminta untuk tetap fokus dalam menangani program prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Program-program prioritas ini melibatkan penanganan stunting, inflasi, kemiskinan ekstrem, dan persiapan sukses untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Camat, Lurah, dan Kades se-Sumsel di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) pada Jumat (15/12/2023), Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, menekankan peran penting para pemimpin tingkat desa dan kelurahan dalam menjalankan program-program tersebut.

“Para Camat, Lurah dan Kades merupakan garda terdepan pemerintahan karena sehari-hari bertemu dengan masyarakat,” ujarnya.

Rakor ini mengangkat tema ‘Penyelenggaraan Pemerintahan dalam Rangka Penanganan Stunting dan Pengendalian Inflasi serta Persiapan Pemilu Damai 2024 di Provinsi Sumsel’. Fatoni memberikan apresiasi terhadap penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel, yang mendapat pengakuan di tingkat internasional.

Baca Juga:   Hallo 110

Namun, Fatoni juga menyadari adanya tantangan, terutama terkait inflasi. Ia memotivasi para pemimpin tingkat desa dan kelurahan untuk terus berfokus dan bergerak bersama dengan seluruh lapisan masyarakat dalam menangani inflasi dan masalah lainnya.

Fatoni menyampaikan harapannya agar semua pemangku kepentingan terus bergerak secara konkret dan terukur. Dia menginginkan kerjasama antara Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga tingkat desa, serta dunia usaha dalam menjalankan peran sebagai orang tua asuh bagi penderita stunting dan kemiskinan ekstrem.

“Lurah dan Kades mengetahui persis masyarakatnya dan kita akan menjadikan mereka yang stunting dan miskin ekstrim ini menjadi anak asuh,” tambahnya.

Baca Juga:   Waspada, Seribuan Sapi di Palembang Terpapar Virus PMK

Dalam konteks Pemilu dan Pilkada, Fatoni memberikan perhatian khusus terhadap kondusifitas wilayah. Dia mendesak agar semua pihak menjaga agar Sumsel tetap kondusif tanpa konflik selama Pemilu dan Pilkada 2024.

“Kita harus tetap jaga Sumsel yang zero konflik. Kita harus terjaga Sumsel dengan damai, kita sudah banyak capaian prestasi dan cukup baik, kemajuan daerah sudah cukup baik. Namun masih perlu kita tingkatkan, kita terus jaga nama baik Sumsel yang kondusif ini, kita pelihara dan jaga agar Pemilu dan Pilkada 2024 berjalan aman, nyaman dan sukses,” tandasnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button