PalembangSUMSEL

Pentingnya Kualitas SDM Turunkan Angka Kematian Ibu, Bayi, dan Pravalensi Stunting

JITOE.com, Palembang – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Ir. S.A Supriono, menekankan pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) saat ini dengan memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan, kesejahteraan, dan pekerjaan. Tujuannya adalah memanfaatkan sebaik mungkin bonus demografi yang dimiliki.

Pernyataan tersebut Supriono sampaikan ketika menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dari Ketua Tim Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Kurniasih Mufidayati, M.Si, beserta anggota Komisi IX DPR RI, dalam rangka Kunker Reses Masa Persidangan II Tahun 2023-2024. Acara berlangsung di Auditorium Graha Bina Praja Provinsi Sumatera Selatan pada Selasa (06/12/2023).

Supriono memaparkan perlunya menjaga indikator-indikator penting dalam hal kesehatan, seperti menurunkan angka kematian ibu, kematian bayi, dan prevalensi stunting di Provinsi Sumatera Selatan, untuk mencapai hasil maksimal dari bonus demografi yang dimiliki.

Baca Juga:   BPH Migas dan DPR RI Bersinergi Sosialisasikan BBM di Palembang Tepat Sasaran

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah berupaya meluncurkan Universal Health Coverage (UHC) melalui Program Sumsel Berkat “BEROBAT PAKAI KTP”. Program ini bertujuan membantu warga Sumatera Selatan yang belum memiliki Jaminan Kesehatan, dengan mencapai kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebesar 95,90% di wilayah tersebut.

“Untuk bonus demografi, kita membutuhkan lapangan pekerjaan yang luas, lokasi dan sinergitas, yang menjadi permasalahannya adalah menuju pasar kerja yang formal dan bersertifikat, karena itu kami minta BLK dapat dikelola dan mendapatkan perbaikan olah pemerintah pusat, sehingga pada tahun 2045 dalam menyambut bonus demografi dapat ditanggulangin sebaik mungkin,”tutupnya.

Ketua Tim sekaligus Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dr. Hj. Kurniasih Mufidayati, M.Si mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi secara langsung dan akurat dari pemerintah Provinsi Sumsel sehingga dapat mengetahui proses yang berjalan dan kendala yang dialami sehingga kesejahteraan dan pelayanan terhadap masyarakat dapat ditingkatkan.

Baca Juga:   BMKG: Palembang Masuki Musim Peralihan dari Kemarau ke Musim Hujan

Pada kesempatan ini diberikan bantuan JKK,JHT, JP dan beasiswa 1 orang anak kepada Miyadi dari RS. Islam Siti Khodijah sebesar Rp. 146.593.000,- Evan Narapalaya dari Rajawali Patriot Sejati Office sebesar Rp. 141.612.350,- dan M. Hatta dari Golden Oilindo Nusantara sebesar Rp. 371.286.030,-(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button