PalembangSUMSEL

Pemprov Sumsel Siagakan Petugas dan Bantuan Darurat Hadapi Kemungkinan Bencana di Musim Hujan

Editor: M. Anton

JITOE – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) tengah mempersiapkan bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan dan sejumlah barang untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor pada musim hujan 2022.

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, menyampaikan bahwa pemerintah juga menyiagakan taruna siaga bencana (Tagana) binaan Dinas Sosial yang akan diturunkan jika sewaktu-waktu terjadi bencana untuk membantu masyarakat.

Menurut Mawardi, musim hujan berpotensi menjadi pemicu terjadinya bencana banjir, longsor, dan bencana lainnya, untuk itu pihaknya menyiagakan 1.000 Tagana untuk memberikan bantuan penyelamatan dan penyaluran bahan makanan, obat-obatan, serta bantuan tanggap darurat lainnya.

Baca Juga:   RM. RIYAN ZAKARIA: Kedepan Pemerintah Harus Teliti Memberikan Kartu Kesehatan Warga Tak Mampu

Pihaknya juga berupaya menyiapkan stok bantuan tanggap darurat berupa beras, obat-obatan, bahan makanan lainnya serta peralatan yang biasa dibutuhkan masyarakat korban bencana.

Dengan kesiapsiagaan petugas dan bantuan tanggap darurat, masyarakat yang dilanda bencana bisa diberikan bantuan dengan cepat.

Setiap ada bencana, petugas Tagana langsung diturunkan membawa bantuan dari Dinas Sosial berupa paket sembako, matras, tenda, selimut, paket makanan anak-anak dan paket makanan siap saji.

Bantuan tersebut didistribusikan dari gudang Dinas Sosial Provinsi Sumsel di Palembang dan yang ada di kabupaten/kota terdekat dengan lokasi bencana.

Baca Juga:   Diskominfo Palembang Fasilitasi PAK Integrasi JF Pranata Humas se-Sumatera Bersama Kemenkominfo RI

Bantuan yang didistribusikan itu jumlahnya disesuaikan dengan kondisi lapangan, dan cukup untuk memenuhi kebutuhan korban bencana dalam masa darurat beberapa pekan.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan jika terjadi bencana selama musim hujan beberapa bulan ke depan, diharapkan dapat ditanggulangi dengan cepat dan tepat sehingga bisa dihindari timbulnya masalah sosial, ujar Wagub Sumsel. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button