PalembangSUMSEL

Pemilu 2024, Pj. Gubernur Sumsel Agus Fatoni Himbau ASN Jaga Netralisir

JITOE.com, Palembang – PJ Gubernur Sumatra Selatan Agus Fatoni mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) khususnya di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel untuk tetap menjaga integritas, profesionalisme, dan bersikap netral pada pesta demokrasi Tahun 2024.

Bahkan, seluruh ASN dilarang memposting foto Calon Anggota Legislatif (Caleg) maupun Capres di media sosial (medsos).

“ASN di lingkungan Pemerintah Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh mana pun, tidak memihak pada kepentingan tertentu,” kata Pj Gubernur Sumsel Fatoni di Palembang, Jumat (17/11/2023).

Baca Juga:   Pemkot Palembang Salurkan Bansos Beras 5Kg ke Masyarakat Miskin

Menurutnya ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ASN, diantaranya adalah menjadi peserta kampanye, menggunakan atribut partai, berkampanye dengan menggunakan fasilitas negara, membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan salah satu pasangan calon, baik itu sebelum maupun sesudah kampanye.

‚ÄúTidak boleh mengunggah dan membagikan postingan yang berkaitan dengan kegiatan kampanye di sosmed. Jadi, ASN itu harus netral,” jelasnya.

Fatoni mengatakan apabila terdapat ASN di lingkungan Pemprov Sumsel yang melakukan pelanggaran, maka akan dilakukan mekanisme sesuai dengan prosedur baik secara internal melalui Inspektorat.

“Inspektorat akan memeriksa untuk bisa memastikan kebenaran tidak berita, apabila ASN tidak menjaga netralitasnya. Namun, secara eksternal sesuai dengan fungsi Bawaslu yang akan menentukan, apakah ini melanggar atau tidak. Setelah diketahui pelanggarannya, termasuk dalam kategori pelanggaran sedang, ringan dan, berat. Setelah itu baru disanksi berdasarkan tiga kategori tersebut,” kata dia menegaskan.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button