BudayaPalembangSUMSEL

Lomba Perahu Bidar Kembali Digelar di Sungai Musi, Setelah 2 Tahun Vakum

Editor: M. Anton

JITOE – Lomba perahu bidar dan perahu hias untuk merayakan Hari Kemerdekaan kembali digelar di Palembang setelah dua tahun vakum lantaran pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Sulaiman Amin, mengatakan perlombaan Perahu Bidar Tradisional Agustusan tersebut merupakan tradisi wong Palembang untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya.

“Alhamdulilah dengan adanya dukungan dari Gubernur Sumatera Selatan dan BUMD/BUMN terkait lainnya, perlombaan perahu bidar bisa diaktifkan kembali,” kata Sulaiman, Jumat (19/8/2022).

Momentum HUT Ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini, tradisi perlombaan Perahu Bidar Tradisional digelar dua hari pada Sabtu dan Minggu (20-21 Agustus 2022) dari pagi hingga petang.

Dinas Pariwisata Kota Palembang mencatat sedikitnya sudah ada sembilan tim atau sekitar 198 orang peserta yang mengkonfirmasi untuk berpartisipasi dalam perlombaan tersebut.

Baca Juga:   Kewenangan Terbatas: Butuh PJ, Bukan Plh Bupati OKU

Menurut dia, para peserta akan beradu kecepatan mendayung perahu atau biduk berukuran panjang sekitar 29 meter, mereka melaju sejauh sekitar 3-4 kilometer, dimulai dari Pelabuhan 35 Ilir (Musi VI) dan berakhir di Benteng Kuto Besak (BKB).

Sulaiman menyampaikan, dalam perlombaan tersebut juga diselenggarakan lomba parade perahu hias dengan jumlah perahu peserta sebanyak 36 unit, parade ini melintasi rute yang sama dengan perahu bidar.

“Beserta hiburan musik menghadirkan artis ternama Ibu Kota di antaranya Irma Darmawangsa dan Glow Rossa pada acara yang akan dibuka langsung oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo dan Gubernur Herman Deru Sabtu besok,” katanya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button