LahatPeristiwaSUMSEL

Lahat Berduka, Banjir Bandang Telan Rumah dan Akses di Wilayah Ini

JITOE – Sejumlah wilayah di kabupaten Lahat, Sumatera Selatan mengalami banjir dan longsor sejak dini hari Kamis (09/03/2023). Beberapa rumah warga ikut terbawa arus dan sebagian mengalami kerusakan akibat diterjang banjir bandang tersebut.

Bahkan akses jembatan penghubung Kabupaten Lahat dan kota Pagaralam di Desa tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang di Kabupaten Lahat juga ikut terendam.

“Dari data sementara yang kita terima, untuk banjir itu sementara ada 4 kecamatan. Untuk yang tanah longsor, ini ada di dua kecamatan, dua desa,” ungkap Kapolres Lahat AKBP Kunto Hartono, Kamis (9/3/2023).

4 kecamatan titik banjir bandang di Kabupaten Lahat:

  1. Pulau Pinang
  2. Jarai
  3. Kikim
  4. Mulak Sebingkai
Baca Juga:   1.807 Honorer Kota Palembang Lulus Seleksi PPPK

Sementara 2 kecamatan terdampak tanah longsor:

  1. Gumay
  2. Mulak Ulu.

Selain itu, ada 4 desa yang terdampak banjir paling parah. Yaitu Desa Lubuk Sepang, Tanjung Sirih, Pasar Bawah dan Pulau Pinang.

Penyebab Banjir

Dugaan sementara, penyebab banjir karena air di Sungai Lematang, Lahat, meluap sejak Rabu (08/03/2023) hingga Kamis (09/03/2023) pagi hari.

Korban

Seorang bocah inisial GD (11) , asal Pulau Pinang, Lahat, hanyut terbawa banjir bandang, Kamis (9/3/2023). Korban ditemukan meninggal dunia di aliran sungai wilayah Ujan Mas, Muara Enim.

Kondisi Terkini

Banjir bandang Lahat Sumatera Selatan sejak Kamis (9/3/2023) dini hari, sempat mencapai ketinggian empat meter. Namun, saat ini, debit air sudah berangsur surut.

Baca Juga:   Teddy Meilwansyah Resmi Jabat Plh Bupati OKU Gantikan Edward Chandra

Kedatangan Gubernur Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru turun langsung ke lokasi banjir terparah di Kabupaten Lahat, Kamis 9 Maret 2023.

Herman Deru berangkat dari Palembang menggunakan helikopter turun di lapangan X- Mtq Lahat dan langsung menuju Lubuk Sepang,

Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Bupati Lahat Cik Ujang SH, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST MSi, Forkopimda dan Kepala BPBD Lahat Drs H Ali Afandi MPdI.

Terkait instruksi gubernur, pemerintah Kabupaten Lahat siap untuk memfasilitasi warga yang terkena dampak banjir. (*)

Editor: M. Anton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button