PalembangSUMSEL

Kedubes Kanada Apresiasi Kegiatan Land4Lives di Sumsel: Hadapi Perubahan Iklan dan Kesejateraan Petani

JITOE.com, Palembang – Kedutaan Besar (Kedubes) Kanada di Indonesia memberikan apresiasi atas upaya kolaborasi dalam mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan melalui program berkelanjutan Sustainable Landscapes for Climate-Resilient Livelihoods in Indonesia (Land4Lives) di Sumatera Selatan.

Diketahui Sumatera Selatan menjadi salah satu dari tiga provinsi yang menjadi target dari program tersebut. Ada 12 desa di Sumatera Selatan yang menjadi sorotan.

Kepala Kerja Sama Pembangunan Kedutaan Besar Kanada, Kevin Tokar, mengatakan kerjasama dapat membantu dalam meningkatkan pertanian, ketahanan pangan, dan menghadapi perubahan iklim.

“Jadi desa-desa diberikan edukasi, diberikan bibit diberikan metode dan lain sebagainya di dalam rangka bisa mengatasi iklim termasuk pembuatan kompos. Bagaimana menanam dan seterusnya dan ini dilakukan terhadap beberapa desa yang ada di Sumsel,” kata Kevin usai audiensi bersama Pj Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, di Griya Agung Palembang, Jumat (03/05/2024).

Baca Juga:   Aturan Baru Menkeu: PNS Meninggal Dapat Asuransi Rp8 Juta

“Terima kasih atas kerjasama yang selama ini sudah dijalankan dan ini sangat penting untuk mendukung program pemerintah bersama-sama dalam rangka menangani perubahan iklim termasuk juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tentunya berdampak pada hasil-hasil pembangunan yang ada di desa-desa” tambahnya.

Dia merasa bangga dengan projek yang dijalankan Land4Lives, karena keterampilan maupun pengetahuan yang diajarkan kepada masyarakat kemudian mereka pelajari dan kembangkan secara mandiri serta tetap berada di masyarakat tersebut.

“Saya merasa ini luarbiasa, selalu senang untuk mengunjungi masyarakat dan melihat bagaimana dampak dari proyek dan kerjasama yang kami jalankan, bagaimana semua ketrampilan, teknik, dan pengetahuan yang diajarkan diaplikasikan dan diadopsi oleh masyarakat. Kami sangat mengapresiasi komitmen mereka, dedikasi, dan kepercayaan mereka terhadap program Land4Lives, bahwa ini akan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujar Kevin.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, berharap program ini dapat diteruskan, direplikasi, dan dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Sumatera Selatan bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan, dengan lembaga-lembaga yang ada di Sumsel. Sehingga hasil yang sudah bagus ini bisa juga dibuat untuk desa-desa lain.

Baca Juga:   Banjir Musi Rawas, BNPB: 8.227 Jiwa Terdampak dan 2618 Unit Rumah Terendam

“Selanjutnya tadi juga sudah kami sampaikan bahwa Sumatera Selatan ini merupakan provinsi yang terbesar potensinya, sangat banyak masyarakatnya juga termasuk yang paling banyak di Indonesia, tapi sudah saya gambarkan satu persatu potensi yang mau ikut campur tambang potensi perkebunan Kabupaten sektor pertanian cukup banyak dan juga lahan gambutnya kita juga cukup luas ada mangrove-nya yang cukup luas. Ini semua bisa dimanfaatkan bisa dioptimalkan agar hasilnya itu nanti bisa bermanfaat untuk daerah pengguna bisa bermanfaat buat Kalian tentu nanti akan ada kontribusi” pungkasnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button