KesehatanPalembangSUMSEL

Kasus DPD di Palembang Meningkat, Waspadalah

Editor: M. Anton

JITOE – Menghadapi musim hujan di tahun 2022 ini, Pemerintah Kota Palembang mengimbau warga setempat untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda, mengungkapkan terdeteksi peningkatan kasus DBD dibandingkan tahun sebelumnya.

“Berdasarkan data hingga September 2022 di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu tercatat 673 kasus DBD, padahal periode yang sama tahun sebelumnya sekitar 400 kasus,” Wawako Fitrianti, Senin (26/09/2022).

Untuk mewaspadai penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti itu, kata Fitrianti, warga diminta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, pada kondisi masih pandemi Covid-19, warga diminta terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti selalu menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

“Dalam kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini dan ancaman penyakit DBD pada musim hujan 2022 ini, PHBS dan disiplin prokes merupakan kunci utama mencegah terjangkit penyakit tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:   Tahun Politik: Wawako Palembang Minta ASN Bersikap Netral dan Profesional

Untuk meningkatkan PHBS dan mendisiplinkan warga Palembang menerapkan prokes antisipasi Covid-19 serta kasus DBD, pihaknya berupaya menurunkan petugas kesehatan ke kawasan permukiman penduduk untuk mengedukasi masyarakat. Masyarakat yang tersebar di 18 kecamatan dalam kota setempat, kata dia, harus memperhatikan indikator PHBS dan membersihkan tempat agar tidak menjadi sarang nyamuk, mencegah mewabahnya DBD, serta meningkatkan prokes, mengonsumsi sayur dan buah. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button