Home SUMSELPalembang PDAM Siap Perbaiki Bekas Galian

PDAM Siap Perbaiki Bekas Galian

by Redaksi
PDAM Siap Perbaiki Bekas Galian

Jitoe – Tudingan sejumlah ruas jalan dalam Kota Palembang yang rusak akibat bekas galian pipa PDAM Tirta Musi Palembang memdapat tanggapan Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya.

Menurut Andi Wijaya didampingi Direktur Tehnik, Azharudin di ruang kerjanya baru baru ini mengatakan, permasalahan terjadinya kerusakan sejumlah bekas galian penanaman Pipa pendistribusian air tirta musi tersebut lebih diakibatkan lantaran ketika penimbunan serta pengerasan dan pengaspalan bekas galian baru selesai dikerjakan, tidak sedikit kendaraan bertonase maksimum melintasinya. Akibatnya perbaikan yang baru dikerjakan tersebut mengalami kerusakan.

“Karena bekas galian yang baru diperbaiki itu belum begitu kering, yang seharusnya belum bisa dilintasi kendaraan bermuatan berat namun yang terjadi kendaraan besar besar sudah melintas. Inilah salah satu penyebab ruas jalan yang sudah diperbaiki itu mengalami kerusakan lagi”, tutur Andi Wijaya seraya menambahkan selain diakibatkan juga padatnya arus lalulintas kendaraan yang melintas.

Dikatakannya, pihaknya juga tidak ingin menyalahkan para pengendara yang melintas di jalan umum tersebut, namun katanya, pihaknya hanya ingin menginformasikan juga bahwa pihaknya sudah melakukan pengerjaan penimbunan bekas galian pipa itu secara standar pengerjaan bangunan sipil.

“Pihak kami juga, kata Andi, selalu akan tanggap terhadap laporan masyarakat kalau memang ada ruas jalan bekas galian penanaman pipa PDAM yang dilakukan penimbunan dan pengerasan asal asalan oleh pihak ke-3 yang mengerjakan proyek.

Dituturkan Andi Wijaya, sebenarnya pihaknya maunya penanam pipa air minum milik PDAM tersebut dilakukan di sisi luar ruas jalan, namun karena disetiap sisi jalan tersebut sudah ada penanaman pipa gas dan jaringan listrik tegangan tinggi. Makanya pihaknya melakukan pengerjaan penanaman di sisi jalan agak ketengah ruas jalan.

Penanaman pipa baru itu juga dalam rangka peningkatan pelayanan untuk kebutuhan warga akan air layak minum
“Seperti di wilayah Sukabangun 2, itu pemasangan jalur induk pipa distribusi. Karena pipa yang sudah ada selama ini tidak mampu mengalirkan debit air keseluruh konsumen yang ada di kawasan itu. Makanya dillakukan pemasangan jalur pipa baru dengan kemampuan debit air maksimum.” Kata Andi Wijaya.
Disisi lain, tambah Andi, pengerjaan pemasangan jalur pipa pipa baru tersebut sebagai upaya PDAM memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Palembang akan Air minuum Tirta Musi.

Diakuinya, memang dalam setiap pemasangan baru pipa jalur PDAM selalu menghadapi 2 dilema. Disisi pertama pemasangan jalur pipa baru harus dilaksanakan demi memenuhi keinginan warga akan kebutuhan air bersih/air minum. Sementara disisi lain akan adanya gangguan arus lalulintas warga selama pengerjaan proyek hingga selesai oleh pihak PDAM.

Tentu antara dua dilema ini akan tetap kita akomodir dan kita selesaikan sebaik- baiknya. Karena demi kepentingan kita bersama juga.

Namun apabila masih ada ruas jalan yang rusak yang diakibatkan oleh bekas galian pipa PDAM, kami akan segera memerintahkan pihak ketiga sebagai pelaksana proyek untuk memperbaikinya.
“Silahkan warga sampaikan laporan ke PDAM kalau ada bekas galian jalur penanaman pipa pipa pam yang tidak diperbaiki atau rusak, kami akan segera memerintahkan pemborong yang mengerjakan proyek untuk segera memperbaikinya,” tutur Andi Wijaya


Foto : Sripo/ist
(j3)

Baca Berita Jitoe Lainnya

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

TENTANG KAMI

Jitoe.com merupakan portal berita online | jaringan informasi aktual dan objektif

J2 CHANNEL

@2021 – All Right Reserved. Designed and Developed by Jitoe