SUMSEL

Kroasia Raih Juara 3 Piala Dunia 2022, Ulangi Prestasi 1998

Edtor: M. Anton

JITOE – Kroasia akhirnya berhasil mengalahkan Maroko dengan skor 2-1, dan memastikan peringkat ketiga Piala Dunia 2022. Duel berlangsung di Khalifa International Stadium, Sabtu (17/12/2022).

Keberhasilan tim yang berjuluk Vatreni itu mengulang kesuksesan mereka pada Piala Dunia 1998 lalu, sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa Kroasia patut dipertimbangkan.

Josko Gvardiol membuka gol untuk Kroasia pada menit ke-7. Kroasia dapat menyamakan kedudukan di menit ke-9 dari Achraf Dari. Mislav Orsic kemudian bisa membawa Vatreni unggul saat turun minum berkat golnya di menit ke-42.
Adapun satu gol balasan Maroko tercipta melalui sundulan Achraf Dari pada menit kesembilan.

Jalannya pertandingan 
Kick off, laga langsung berjalan ketat.

Baru memasuki menit ke 7, Kroasia langsung membuka keunggulan. Dari skema tendangan bebas, Josko Gvardiol sukses merobek jala dengan sundulan.

1-0 Kroasia memimpin.

Hanya butuh 2 menit, Maroko langsung berhasil membalas, Achraf mencetak gol lewat sundulan memanfaatkan tendangan bebas. 1-1 kedudukan kembali imbang.

Baca Juga:   Disdik Palembang Terbitkan Surah Edaran Larang Siswa Bawa Lato-lato ke Sekolah

Permainan pun menjadi lebih agresif memasuki paruh babak pertama, kembali sebuah peluang emas diraih oleh Ivan Perisic di menit ke 18, beruntung Bounou masih mampu menghalau tendanganya.

Kroasia semakin agresif, Luca Modric kembali mengancam gawang Maroko. Yasinne Bounou masih bisa menepis serangan Luca Modric.

Maroko sempat mengancam lewat sebuah serangan balik, namun tendangan Boufal masih sedikit melambung diatas mistar gawang.

Terus menekan pertahanan Maroko, akhirnya Kroasia kembali unggul lewat Orsic di menit ke 42. 

Kedudukan berubah menjadi 2-1 dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Kroasia langsung berinisiatif menyerang.

Orsic coba mengancam, namun tendangannya dari dalam kotak pinalti dimenit ke 47, masih membentur pemain lawan.
Memasuki 15 menit kedua, Maroko coba mulai menguasai bola, namun beberapa serangan yang dilancarkan mudah dikandaskan pemain Kroasia.

Baca Juga:   Pemkot Palembang Bolehkan Malam Tahun Baru 2023 Dirayakan

Kroasia balik mengancam, melalui sebuah serangan balik, Vlasic coba melakukan tendangan dari luar kotak pinalti.

Sayang, masih sedikit melambung diatas gawang Bounou. Protes sempat dilancarkan pemain Kroasia, saat Gvardiol terjatuh di dalam kotak pinalti di menit ke 74.

Namun, wasit melihat bukan sebuah pelanggaran.

Kovacic nyaris menambah skor di menit menit akhir pertandingan. Sayang, tendangannya tepat didepan gawang masih belum menemui sasaran.

Aksi protes kembali terjadi, kali ini giliran Maroko, namun wasit tidak melihat sebagai pelanggaran saat Nesyri di jatuhkan didalam kotak pinalti.

Dimasa injury time, Maroko nyaris menyamakan kedudukan. Sayang, sundulan En Nesyri masih melambung tipis diatas gawang kroasia. Skor keunggulan 2-1 untuk Kroasia, tetap bertahan hingga akhir pertandingan.

Kroasia menjadi juara ketiga Piala Dunia 2022. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button