PalembangSUMSEL

Imigrasi Palembang Turunkan Tiga Tim Bantu Pelayanan Keberangkatan Calon Haji

JITOE.com, Palembang – Kantor Imigrasi Kelas I Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang menurunkan tiga tim untuk membantu dalam proses pelayananan keberangkatan calon haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung yang akan berangkat dari Embarkasi Haji di Bandara SMB II mulai 12 Mei 2024.

“Untuk melakukan pelayanan pemeriksaan paspor 8.506 calon haji asal Sumsel dan Babel yang berangkat pada musim haji 1445 Hijriah/2024 ini diturunkan tiga tim dengan anggota masing-masing tim 28 orang,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan, di Palembang, Kamis.

Tim-tim ini bertanggung jawab dalam menyusun rencana pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian baik saat keberangkatan maupun kepulangan para calon haji ini, yang akan dikelompokkan dalam 19 kelompok terbang (kloter).

Baca Juga:   Hujan Deras Turun Basahi Kota Palembang Setelah Dua Bulan Dinanti

Totalnya, ada 8.506 calon haji yang akan berangkat dari Palembang, dengan rincian 7.295 orang dari Sumsel, 1.116 orang dari Babel, dan 95 orang petugas haji dari semua kloter.

Para calon haji ini akan diberangkatkan dalam dua gelombang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines yang mampu menampung 450 penumpang. Gelombang pertama, dari kloter 1 hingga 9, akan berangkat mulai 12 hingga 23 Mei 2024, sementara gelombang kedua, dari kloter 10 hingga 19, akan berangkat mulai 24 Mei hingga 4 Juni 2024.

Sedangkan untuk calon haji dari Bangka Belitung, mereka akan diberangkatkan dalam gelombang pertama, tergabung dalam kloter 4, 5, dan 6.

Mohammad Ridwan juga menjelaskan tentang mekanisme pemeriksaan paspor, di mana petugas Imigrasi akan tiba di Asrama Haji Palembang 4-5 jam sebelum keberangkatan untuk melakukan pemeriksaan dan memberikan cap keberangkatan pada paspor jamaah.

Baca Juga:   BPJS Kesehatan Bersama PWI Sumsel Gelar Turnamen Bulutangkis

“Dengan proses ini, calon haji dapat langsung masuk pesawat setelah naik bus dari asrama haji menuju bandara,” tambahnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, juga memberikan imbauan kepada tim Imigrasi Palembang agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon haji.

“Dengan melihat persiapan tim Imigrasi dan pengalaman selama ini, saya memastikan calon haji asal Sumsel dan Babel yang berangkat ke Arab Saudi melalui Embarkasi Haji Palembang mendapat pelayanan keimigrasian terbaik,” kata Ilham.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button