Berita UnikBudayaSUMSEL

35 Mobil Hias Meriahkan Karnaval HUT ke-77 Sumatera Selatan

JITOE – HUT Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ke-77 dimeriahkan acara karnaval mobil hias yang diikuti sekitar 35 mobil hias dari berbagai utusan BUMN, BUMD OPD serta komunitas di lingkungan Pemprov Sumsel, Minggu (21/05/2023).

Di antaranya mobil hias PT. Semen Baturaja, PTBA, Kementerian Keuangan, Bank Sumsel Babel, Dinas PUBM dan PUPR, Sinas PU PSDA, BPKAD, Samsat, Dinas Perkebunan, Dinas Perpustakaan, dan banyak lagi lainnya termasuk komunitas barongsai dan komunitas sepeda.

Karnaval mobil hias mengambil start di halaman Griya Agung menuju Simpang Polda, kemudian ke Simpang RS Charitas, hingga finish di halaman Kantor Gubernur Sumsel. Acara disambut hangat masyarakat Palembang yang sudah lama menanti.

Iring-iringan karnaval dilepas langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Feby Deru.

“Setelah mengalami berbagai keterbatasan, kontraksi ekonomi, kini semua berangsur pulih kembali. Untuk itu Ia mengajak masyarakat untuk bersyukur dan membangkitkan semangat gotong royong serta toleransi dan kompetisi. Apresiasi dan terimakasih pada semua pihak yang membantu terlaksananya acara tersebut dengan begitu meriah,” ujar Gubernur Herman Deru.

Dirinya terharu sekaligus bangga karena karnaval mobil hias memeriahkan HUT Sumsel ini dapat digelar karena sudah cukup dinantikan warga Sumsel.

Baca Juga:   Wawako Palembang Fitrianti Agustinda Raih Penghargaan Moeslim Choice Award 2022

Karnaval mobil hias bukan hanya sekadar perayaan yang meriah, tetapi juga menjadi simbol kebersamaan dan kegembiraan bagi masyarakat Sumatera Selatan. Karnaval ini merupakan ajang yang luar biasa untuk menampilkan kreativitas dan keindahan dalam bentuk kendaraan yang dihiasi dengan sangat menarik.

“Saya berharap acara ini dapat menjadi wahana yang membangkitkan minat masyarakat dalam menjaga dan melestarikan keindahan alam serta budaya Sumatera Selatan,” jelasnya.

Menurut Deru, Karnaval Mobil Hias tidak hanya sekadar hiburan semata dan obat sebagai penawar rindu kepada pawai pembangunan yang sering kita saksikan masa kecil kita dulu, tapi juga menjadi wahana untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan potensi pariwisata Sumatera Selatan kepada dunia.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal, mengatakan, karnaval mobil hias merupakan rangkaian perayaan HUT Sumsel ke-77, sebelumnya juga sudah digelar parade budaya oleh para pelajar.

Baca Juga:   Sekda Sumsel Ajak Semua Sektor Manfaatkan CSR untuk Meredam Inflasi

Karnaval menurutnya diselenggarakan atas inisiasi Ketua TP PKK Provinsi Sumsel yang juga Ketua Dekranasda Sumsel, Feby Deru. Hal ini tak lain untuk menjawab kerinduan warga akan karnaval serupa seperti pada zaman-zaman dahulu.

“Alhamdulillah masyarakat pun sudah menantikan ini di jalan-jalan. Mereka rindu sudah lama tak lama karnaval mobil hias seperti ini,” jelasnya.

Di acara yang meriah itu, keluar sebagai juara pertama lomba mobil hias adalah PT Bukit Asam (PTBA).

Juara kedua diraih gabungan OPD yaitu BPBD, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP.

Sedangkan juara ketiga diperoleh oleh mobil hias dari Dinas Pekerjaan Umum dan Peruhaman Rakyat (PUPR).

Tampilan mobil hias PT Bukit Asam adalah kendaraan alat berat yang dihias sedemikian rupa. Penggunaan kendaraan berat dikarenakan alat tersebut adalah ikon PT Bukit Asam yang bergerak di bidang tambang batu bara. (*)

Editor: M. Anton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button