Nasional

27 Kapal Perang TNI Dimodernisasi Target Selesai Sebelum Hari Armada

JITOE – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan 27 unit kapal perang Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan dimodernisasi sebelum Hari Armada pada 5 Desember 2023.

“Insyaa Allah akhir tahun, saya berharap paling lambat Hari Armada, Hari Armada adalah 5 Desember ya, kita akan sudah siap 27 kapal perang yang sudah dimodernisasi,” kata Prabowo di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (08/03/2023).

Prabowo juga menyampaikan pemerintah tengah memprioritaskan rencana pengadaan kapal untuk untuk memperkuat armada TNI Angkatan Laut.

“Rencana kapal selam juga untuk Angkatan Laut, fregat, kapal-kapal cepat, kapal peluru kendali, ini sangat-sangat prioritas juga,” bebernya Prabowo.

Baca Juga:   Belum Ada Kepastian Soal Pelaksanaan Haji Tahun Ini

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan Prabowo untuk memperbaiki alutsista TNI. Presiden ingin ada desain pembangunan jangka panjang di bidang pertahanan.

Pada pertengahan 2021, pernah beredar dokumen anggaran pembelian alutsista dalam jenjang waktu 2020-2024 sebanyak US$ 124.995.000.000 atau setara Rp1,7 kuadriliun. Dokumen itu menyebut pemenuhan alutsista akan menggunakan sistem pinjaman ke luar negeri dengan rentang pembayaran hingga 2044. (*)

Editor: M. Anton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button