Politik

Tolak Ajakan PKS Tetap Dukung Anies, Demokrat ke Mana akan Berlabuh

JITOE.com, Jakarta – Ajakan PKS untuk tetap mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 secara tegas ditolak Partai Demokrat.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Jansen Sitindaon menyatakan telah mengeluarkan sikap resmi mencabut dukungan, sekaligus memperjelas bahwa Demokrat telah keluar dari Koalisi Perubahan.

Sebelumnya diketahui, Nasdem dan Anies Baswedan dianggap Demokrat berkhianat lantaran tiba-tiba memutuskan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapres Anies.

Koalisi Perubahan sendiri sejauh ini diisi oleh Demokrat, Nasdem, dan PKS. Koalisi ini kemudian resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres yang didukung maju di pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga:   Cek Lokasi TPS dan Cara Pindah TPS untuk Pemilu 2024

Namun, pada Kamis (31/08/2023), Demokrat mengeluarkan pernyataan resmi dan menuding Partai Nasdem dan Anies Baswedan berkhianat terhadap koalisi.

Dalam jumpa pers Sabtu (02/09/2023) kemarin, PKS mengungkapkan harapannya supaya Demokrat bisa tetap bersama mendukung Anies di Pilpres. Namun, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu mengaku menghormati sikap Demokrat yang telah mencabut dukungan ke Anies dan keluar dari Koalisi Perubahan.

Dengan sikap tersebut, ke mana Demokrat akan berlabuh setelah Anies Baswedan nantinya resmi berduet dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Apakah Demokrat akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024? Atau membentuk poros baru dengan mencari mitra baru? Kita lihat saja… (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button