PalembangSUMSEL

Pemprov Sumsel Dorong Percepatan Pengembangan Kawasan LRT Ampera Palembang

JITOE.com, Palembang – Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni, mendorong percepatan proyek pengembangan kawasan Light Rail Transit (LRT) Ampera Palembang karena menurutnya proyek tersebut sangat penting dan strategis untuk segera optimalkan.

Dalam audiensi dengan Millenium Challange Account (MCA), Fatoni menekankan dukungan Pemprov Sumsel dan perlunya penyelesaian permasalahan yang ada.

Fatoni menyampaikan rasa syukur karena Sumsel dipilih untuk mengembangkan kawasan tersebut, tetapi ia menegaskan pentingnya kepatuhan pada peraturan yang berlaku dan kejelasan pendanaan, apakah dari APBN, APBD, atau sektor swasta.

“Terkait pendanaannya juga harus jelas. Apakah menggunakan dana dari APBN, APBD, ataupun swasta, pun dengan besarannya masing-masing. Semua ini harus jelas,” katanya.

Baca Juga:   Rakor PBB KAB OKU umumkan rekruitment BACALEG

Executive Director MCA Indonesia II, Maurin Sitorus, menjelaskan tujuan proyek ini untuk meningkatkan ridership LRT di Palembang melalui peningkatan integrasi antar stasiun LRT Ampera dan bangunan sekitarnya.

Pengembangan ini juga bertujuan untuk memaksimalkan potensi kawasan, meningkatkan integrasi dengan moda transportasi umum lainnya, serta memperkuat potensi pariwisata dan pengelolaan sirkulasi dan parkir kendaraan.

“Untuk pengembangan kawasan ini tentu saja kepemilikan lahan harus clear and clean saat pengembangan kawasan.Stasiun LRT Ampera sebagai inti keterhubungan kawasan melalui elevated pedestrian (skywalk) dan pedestrian serta penambahan fungsi baru dalam kawasan dalam menaikkan potensi keekonomian dan tourism destination,” ungkapnya.

Baca Juga:   Komisi IV DPRD Akomodir Tuntutan GRAMM/ IKAMUBA, Segera Tinjau Jalinteng

Sementara itu, Basyaruddin Akhmad, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sumsel, menegaskan bahwa pengembangan LRT tidak akan mengganggu kawasan terbuka di sekitar Ampera. Rencananya, akan dibangun gedung penghubung stasiun yang menjadi ikon kota Palembang.

Proyek pengembangan LRT Ampera Palembang menjadi langkah maju untuk meningkatkan konektivitas dan perekonomian kota, dengan mempertimbangkan keberlanjutan dan kejelasan dalam pelaksanaannya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button