PalembangPeristiwaSUMSEL

Herman Deru Kunjungi Korban Kebakaran Batu Ampar Berikan Bantuan

Reporter: Septi
Editor: Seno Akbar

JITOE – Gubernur Sumsel H. Herman Deru Didampingi Ketua TP PKK sekaligus Ketua PMI Provinsi Sumsel, Hj. Feby Deru mengunjungi sekaligus meninjau kondisi korban kebakaran di Batu Ampar, Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, Rabu (20/7/2022) siang. 

Turut hadir mendampingi H. Herman Deru yang juga Ketua DPW Sumsel Partai NasDem ini, Wakil Ketua Badan Resque NasDem RM. Riyan Zakaria Djauhari

Menurut Herman Deru, awalnya Ia berniat datang pagi hari menjenguk para korban. Namun karena harus menghadiri acara pelestarian alam di Kabupaten Lahat, Iapun baru sempat hadir siang hari. 

Dalam kesempatan itu, Ia berharap kepada puluhan korban kebakaran untuk menyikapi musibah ini dengan tabah. Tidak perlu mencari siapa yang salah karena setiap orang pastilah tidak menginginkan adanya musibah. Entah itu karena murni musibah atau akibat kelalaian ataupun kecerobohan. 

” Tolong  dikesampingkan dulu semua itu. Saat ini yang terpenting kita jangan kurangi bersyukur. Tetap beribadah dan jangan menyalahkan dan marah dengan Sang Pencipta. Kita harus yakin ada rahasia terbaik di balik musibah ini,” pesan Herman Deru. 

Baca Juga:   Wakil Bupati OKU Johan Anuar Kembali Kepangkuan Sang Khalik

Menurut Herman Deru dirinya selaku Gubernur bergerak ini semata bukan karena tugas namun juga sebagai bentuk aksi kemanusiaan. 
Ketika menyerahkan bantuan dikatakan Gubernur,” Tolong terima ini dengan keikhlasan hati. Bantuan ini kami tahu belum mampu menyudahi kesedihan bapak/ibu, dan mengobati luka hati juga trauma yang dihadapi,” imbuhnya. 

Kepada anak-anak korban kebakaran ini agar mereka tidak terganggu psikologinya menurut Herman Deru juga akan diberikan pendampingan trauma healing yang dipusatkan di Mushala Jauharul Islam yang tak jauh dari lokasi kebakaran. 

Demikian halnya untuk para korban yang kehilangan surat-surat penting seperti sertifikat, ijazah, KTP dan lainnya, Ia meminta Dukcapil dan Kecamatan melakukan jemput bola mendata warga. 

Guna meringankan beban para korban musibah kebakaran ini, H. Jerman Deru menyalurkan bantuan uang tunai masing-masing Rp.5 juta untuk 19 KK yang terkena musibah kebakaran. Di berharap bantuan ini dapat berguna membantu para korban menyekolahkan anak-anak mereka yang kebetulan baru memulai Tahun Ajaran Baru (TAB) sepekan lalu.

Sebagaimana diketahui musibah kebakaran tersebut terjadi pada Selasa (19/7/2022) pagi sekitar pukul 09.15 wib. 
Kebakaran tersebut menghanguskan 13 bangunan rumah yang dihuni 19 KK, terdiri dari 64 jiwa.

Baca Juga:   3 Jalur Rawan Kemacetan di Sumsel Saat Nataru

Kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru, selain meninjau lokasi kebakaran, juga menyambangi salah satu korban kebakaran yang berusia lanjut, Zubaidah, 107 tahun.

Di pusat trauma healing itu, Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Feby Deru juga menemui dan menghibur anak-anak korban kebakaran. Ia juga menyampaikan sejumlah bantuan makanan dan minuman untuk anak-anak korban kebakaran. 

Dalam peninjauan itu, Riyan Zakaria Djauhari yang sudah datang lebih dahulu dari Gubernur di lokasi bekas kebakaran berkesempatan berbincang dengan warga dan korban kebakaran memberikan motivasi agar para korban kebakaran dapat bangkit kembali dan yakin dengan semua kehendak yang maha kuasa.

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Sumsel Dr. H. Budiarto Marsul, Ketua KORMI Sumsel, Hj. Samantha Tivani Herman Deru, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Mirwansyah, dan Perwakilan BPBD Provinsi Sumsel, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button