SUMSEL

Kapolres OKU Terima Sertifikat 1001 Atas Inovasi Energi Baru untuk Negeri

JITOE.com, Baturaja, OKU – Sebagai inisiator kolaborasi pemanfaatan motor bekas jadi motor jelajah pemadam api, Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, S.I.K, M.H diwakili Kasi Humas Polres OKU AKBP Budi Santoso, S.H menerima award dan pengakuan positif dalam acara Sarasehan Bertemakan ” inovasi Baru Energi Bumi Sriwijaya ” disampaikan langsung oleh Gubernur Sumsel H.Herman Deru di Griya Agung Palembang. Kamis (13/07/2023).

Award dan pengakuan tersebut diberikan belatar belakang atas inovasinya sehubungan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sering terjadi di daerah kebakaran yang dalam hal ini dalam wilayah Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Baca Juga:   Inilah Prasasti Kedukan Bukit, Rujukan Hari Lahir Kota Palembang 17 Juni

Setiap terjadi kebakaran dalam wilayah kecamatan tersebut medannya untuk sulit dilalui dengan kendaraan roda empat, sehingga timbul ide pembuatan motor patroli jelajah pemadam api yang dapat membantu memadamkan api ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Ide pembuatan motor dimaksud muncul, ketika Kapolres OKU secara langsung terjun ke lapangan di wilayah Kecamatan Lubuk Batang OKU. Melihat lokasi pembakaran hutan yang lokasinya cenderung berupa perbukitan, jalan setapak dan sempit, banyak kayu-kayu melintang hanya dapat dilalui oleh motor trail.

Ketika Kapolres OKU tiba di tempat kejadian kebakaran (TKK), api masih menyala dan berupaya untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Situasi dan kondisi tempat sering terjadi kebakaran itu membuat petugas kelelahan dan kepanasan yang tentunya sangat membahayakan bagi anggota Polri dan masyarakat sekitar yang hendak memadamkan api.

Baca Juga:   Mau Mudik Lebaran Naik Kereta Api, Ini Jadwal Keberangkatan Stasiun Kertapati Palembang

Dari hal tersebut muncul gagasan untuk membuat sepeda motor yang simpel, efektif yang dapat menjangkau lokasi tempat terjadi kebakaran dan dapat menyalurkan air untuk memadamkan api.

Motor Pemadam Api yang diinisiasi oleh Kapolres OKU itu mendapat respons positif dari Bupati OKU H Teddy Meilwansayah sehingga kemudian disupport oleh Pemerintah Kabupaten OKU.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button