Nasional

Juli 2024, Ibu Kota Negara Pindah dari Jakarta ke Nusantara

JITOE – Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan pemerintah merencanakan akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Juli atau Agustus 2024.

“Pada 2024 bulan Juli atau Agustus, pemerintah akan mulai pindah ke sana, dan Insya Allah 17 Agustus 2024 upacara diselenggarakan atau dipusatkan di IKN yang baru ini,” kata Mahfud saat rapat koordinasi dengan pejabat daerah di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Kamis (16/06/2022).

Mahfud menyampaikan perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara menjadi salah satu tugas penjabat kepala daerah. Karena itu, Ia meminta rencana tersebut tak bisa dibatalkan dan tak ada provokasi.

Baca Juga:   Jokowi Dorong DPR Sahkan RUU Perampasan Aset, Usai Viral Bambang Pacul Ucapkan "Patuh Bos" di Medsos

“Pemindahan IKN itu juga jadi tugas Saudara-saudara, undang-undangnya sudah ada, tidak boleh terprovokasi lagi ini jadi atau nggak, ini dibatalkan atau nggak. Harus jadi,” kata dia.

Mahfud juga meminta pejabat kepala daerah untuk melibatkan masyarakat dalam pembangunan IKN. Dia berharap, masyarakat turut membantu dalam antisipasi dan persiapan IKN.

“Kemudian supaya melibatkan masyarakat di dalam pembangunan. Masyarakat dapat berupa antisipasi, dalam proses persiapan pembangunan, pengelola IKN dalam bentuk konsultasi publik musyawarah dan sebagainya dan penataan ruang Nusantara tetap mengacu pada tata ruang Pulau Kalimantan,” ujar dia. (*)

Baca Juga:   FAO dan IRRI Akui Ketangguhan Sektor Pertanian Indonesia

Editor: M. Anton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button