PalembangSUMSELWisata

Jadi Destinasi Wisata Baru, Plaza 16 Ilir Palembang Bakal Diresmikan

Editor: M. Anton

JITOE – Plaza 16 Ilir Palembang seluas 64,53×14,50 meter yang dibangun di dekat Jembatan Ampera Palembang telah rampung. Plaza tersebut akan diresmikan dan diserah-terimakan ke Pemkot Palembang.

“Pembangunan Plaza 16 Ilir ini diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru,” ucap Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Sumsel dan Babel Kemenhub Muhammad Fahmi, Sabtu (21/1/2023).

Menurut Fahmi, saat ini tinggal tahap administrasi untuk penyerahan aset kepada Pemkot Palembang sebagai pengelola.

“Pembangunan memang sedikit terlambat karena alokasi anggarannya setiap tahun tidak terlalu banyak, sehingga pembangunannya dilakukan secara bertahap,” katanya.

Plaza ini dibangun dengan menghabiskan dana Rp7,5 milliar, ungkap Fahmi. Dia mengatakan pihaknya mendesain plaza tersebut dengan konsep tematik dan kemasan lokal.

Baca Juga:   Sepanjang 2023, 2 Juta Wisatawan Kunjungi Palembang

“Kita lihat sendiri di sekitar Pasar 16 Ilir ini ada dermaga tradisional yaitu jukung, ketek, speedboat. Jadi, kami simbolkan perahu yang ada di sana yang berwarna coklat di tengah-tengah plaza,” ucapnya.

Untuk menjaga plaza tersebut agar tetap aman, ada petugas untuk menangani keselamatan dan pengamanan. Karena itu, Plaza 16 menjadi daerah steril, sehingga tidak tercampur antara pengunjung yang akan naik kapal atau pedagang asongan.

“Plazanya sendiri menjadi ikon Palembang. Kami mendorong juga nanti transportasi sungai, Dermaga 16 Ilir dan 7 Ulu nanti akan tertampung ke Jakabaring dan Tangga Buntung. Untuk peresmian menunggu pusat,” ujarnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button