PalembangSejarahSUMSEL

Di Usia ke-1339 Tahun, Kota Palembang Semakin Sukses Menuju Palembang EMAS Darussalam 2023

Zainal Abidin : HUT Palembang ke 1339 momen yang tepat merefleksikan perjalanan hidup, capaian prestasi dan harapan.

Editor : Seno Akbar

Berdasar jadwal disepakati Badan Musyawarah DPRD Kota Palembang, maka acara rapat paripurna istimewa Jum’at (17/6/2022), adalah rapat paripurna istimewa dalam rangka hari jadi Kota Palembang ke 1339 tahun peringatan ke 51 tahun 2022. Acara rapat Paripurna Istimewa tersebut merupakan acara puncak peringatan hari jadi kota Palembang.

Dalam sambutan Ketua DPRD Kota Palembang, Zainal Abidin, SH menyampaikan, Semoga kehadiran kita semua ini akan menambah semangat dan kebahagiaan kita dalam melanjutkan pembangunan kota yang kita cintai ini.

Juga semoga momentum peringatan hari jadi kota Palembang ini akan semakin memantapkan dan meningkatkan serta memperkokoh tekad semangat juang kita untuk membangun Kota Palembang menjadi kota terbaik dan mewujudkan Palembang EMAS Darussalam 2023, kata Zainal Abidin diawal sambutannya.

Dikatakannya, berdasarkan Batu tulis Kedukan Bukit dinyatakan bahwa hari jadi Kota Palembang adalah tanggal 5 Asadha Tahun 651 bertepatan 17 Juni Tahun 683 Masehi.

Ditemukan di Situs Karang Anyar dan beberapa tempat lainnya, di luar dan di dalam Kota Palembang dinyatakan sebagai pusat kerajaan Sriwijaya sejak Abad ke 7 hingga Abad 12 Masehi.

Kemudian Abad ke 16 Kota Palembang menjadi Ibukota kesultanan Palembang.

Kota Palembang adalah Ibukota Provinsi Sumatera Selatan, kota terbesar ke 2 di Sumatera setelah Kota Medan (Sumut).
Dengan luas wilayah 400,61 Km2 dan secara administrasi terbagi 18 kecamatan dan 207 kelurahan.

Sejarah Kota Palembang menjadi ibukota kerajaan bahari budha terbesar di Asia Tenggara, kota yang dikenal dengan Bumi Sriwijaya. Urainya

“Ulang tahun Kota Palembang tahun ini jatuh pada hari Jum’at, 17 Juni 2022, merupakan momen yang tepat merefleksikan perjalanan hidup, baik prestasi dan harapan yang ingin diraih,” tutur Zainal Abidin

Pemerintah Kota Palembang memasuki usia ke 1339 tahun tentunya dalam usia tersebut merupakan usia yang sangat panjang. Oleh karena itu segenap keberhasilan yang telah dicapai akan terus dipertahankan dan ditingkatkan. Sedangkan program yang belum tercapai adalah merupakan tanggung jawab kita bersama sama bekerja keras untuk mewujudkannya. Ia menambahkan

” Dalam kurun waktu lebih kurang satu tahun ini Kota Palembang banyak mengalami kemajuan di bidang pembangunan, seperti jalan jembatan, peningkatan penataan kawasan pemukiman, pembangunan penataan sistim penggunaan transportasi maupun bidang prasarana, peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, pengembangan industri kecil dan menengah dan telah banyak menghasilkan penghargaan dalam kurun waktunya tersebut.” Jelas Zainal Abidin sembari merinci capaian prestasi yang berhasil diraih Pemerintah Kota Palembang dibawah kepemimpinan Walikota H. Harnojoyo dan Wakil Walikota Fitri Agustinda di antaranya;

  1. Penghargaan Muatan Lokal Word kategori penbangunan inprastruktur kota terbaik.
  2. Penghargaan kota layak anak (KLA) tahun 2021 kategori Pratama dari Kementerian PPPA RI.
  3. Penghargaan Top BUMD Word 2021 diberikan pada H. Harnojoyo, Walikota Palembang sebagai pembina BUMD tahun 2021 atas peran dan kontribusinya membina dan mendukung BUMD.
  4. Penghargaan RSUD Palembang Bari sebagai pemenang kategori TOP BUMD WORD tahun 2021.
  5. Penghargaan kepada Direktur RSUD Palembang Bari sebagai pemenang kategori TOP CEO BUMD 2021.
  6. Penghargaan pada Walikota Palembang, H. Harnojoyo atas diraihnya anugrah Parahita Eka Praya sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pemimpin pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui strategi pengaruh keutamaan gender.
  7. Pengharagaan penerima Piagam apresiasi pembinaan problem tingkat kabupaten kota dari kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan RI
  8. Penghargaan Nirwasita Tantra sebuah prestasi pada sektor pembangunan dengan mengedepankan konsep asri lingkungan hidup dari Gubernur Sumsel.
  9. Dinobatkan sebagai terbaik ke 2 dalam penyusunan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah tahun 2020.
  10. Juara 1 pembangunan daerah kabupaten kota se Sumsel dan tingkat 10 terbaik pembangunan daerah se Indonesia dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.
  11. Penghargaan Kota Palembang atas diraihnya Opini Wajib Tanpa Pengecualian (WTP) ke 12 pada laporan has muil pemeriksaan atas laporan keuangan pada Tahun 2021.
Baca Juga:   Jam Sekolah di Palembang Dipangkas Buntut Kabut Asap

Lebih lanjut disampaikan Zainal Abidin, sepanjang sejarah penyelenggaraan pemerintah telah terjadi perubahan perubahan mendasar dalam kehidupan berbangsa bernegara di Indonesia secara konstitusional perubahan UU yang mengatur tentang pembentukan Peraturan Daerah (Perda) urusan pemerintahan, kelembagaan daerah dan sebagainya. Untuk itu kita perlu mengenang dan mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa kita dalam mendorong dan memotivasi kita untuk bekerjasama bahu membahu dalam mengisi dan melaksanakan pembangunan di segala bidang kehidupan sebagai wujud nyata meneruskan cita cita para pendahulu kita.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing masing, baik di jajaran legislatif, eksekutif, maupun masyarakat sesuai kapasitas kewenangan dan kemampuan yang kita miliki. Ajak Zainal Abidin

” Implementasi dari hal tersebut terjadi hubungan yang sejajar dan harmonis antara eksekutif dan legislatif. Dimana adanya fungsi yang telah menghasilkan Perda, fungsi anggaran legislatif, adanya upaya untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Tercermin meningkatnya APBD setiap tahunnya dan fungsi pengawasan DPRD Kota Palembang telah melaksanakan kunjungan kerja sebagai salah satu sarana untuk mengevaluasi pelaksanaan APBD, pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah dan lain lain.

Baca Juga:   Sejak 1970 Jadi Bandara Internasional, Kini Bandara SMB II Turun Status Jadi Domestik

Kita semua harus bersinergi di bawah Visi Misi yang sama mewujudkan Kota Palembang lebih maju sesuai dengan thema peringatan HUT Kota Palembang 2022, yaitu”Dengan semangat hari jadi Kota Palembang ke 1339 kita jadikan Palembang Sehat Ekonomi Bangkit untuk Palembang EMAS Darussalam 2023″. Ia menegaskan

Selanjutnya, Walikota Palembang H Harnojoyo dalam sambutannya mengatakan, saat ini Pemkot Palembang terus berakselerasi dalam membangun Kota Palembang agar lebih maju.

“Sinergi dalam pembangunan ini salah satunya untuk mewujudkan misi Palembang EMAS Darussalam,” kata Harnojoyo.
 
Diungkapkannya, salah satu yang dilakukan dengan mempercepat akses dan mobilitas masyarakat dalam berekonomi melalui pembangunan infrastruktur fly over.
 
“Untuk mengurai kemacetan, kita bangun flyover di Simpang Sekip. Pembebasan lahan sudah dilakukan sejak 2021 dan pada 2022 ini sudah dilakukan ground breaking. Pembangunan ini juga bisa karena adanya dukungan pak Gubernur Herman Deru,” terangnya.


Selain pembangunan fly over, Pemkot Palembang juga masih melakukan proses restorasi sungai Sekanak Lambidaro.
 
“Kami juga memperbaiki aliran sungai yang terputus untuk menekan terjadinya banjir. Pak Gubernur juga konsisten dalam pembangunan ini sehingga upaya untuk memajukan daerah ini selaras,” jelasnya.
 
Diketahui, pada HUT Kota Palembang ke 1339 ini, banyak capaian yang telah diraih. Seperti positifnya pertumbauhan ekonomi, naiknya harapan hidup masyarakat dan lainnya.
 
Rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, didampingi Wakil Ketua, Adzanu Getar Nusantara dihadiri Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj RA Anita Noeringhati, Bupati dan Walikota di Sumsel, Forkompimda Kota Palembang, dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel.

Diakhir sambutannya, Zainal Abidin membacakan 2 buah pantun kebahagian jeberhasilan capaian Pemkot Palembang.

Dari Rusia ke Singapura, tiba di Mekah beli boneka.
Panjang Usia Kota Palembang Jaya
Banyak berkah bagi warganya.
Burung Enggang di atas toko putri
Candi tenggelam di pulau harapan
Terimakasih Bapak Harnojoyo dan Ibu Fitri
Membawa Palembang semakin terdepan
.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button