NasionalPeristiwa

Innalillahi, Menpan RB Tjahjo Kumolo Tutup Usia

JITOE – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada pada hari ini, Jumat (1/7/2022), usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu.

“Telah kembali keharibaan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Memiliki HambaNya. Bapak Tjahjo Kumolo Menteri PAN dan RB,” dikutip dari pesan singkat yang beredar, Jumat (1 Juli 2022).

Diketahui, sebelumnya Tjahjo masuk rumah sakit dan tengah menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir ini.

Bahkan karena kondisinya semakin menurun, ia digantikan untuk sementara oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

Baca Juga:   1 Juli Gaji ke-13 Cair, Ini Besarannya ...

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh petinggi PDIP Junimart Girsang. Dia mengatakan Tjahjo Kumolo wafat sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

“Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, [Thahjo] sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang dikutip dari CNN.

Sebelumnya, Tjahjo masuk rumah sakit dan tengah menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir. Demikian konfirmasi yang disampaikan Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat .

“Benar (Tjahjo dirawat di rumah sakit), mohon dukungan doa untuk beliau agar cepat sembuh dan sehat kembali,” kata Djarot melalui pesan singkat.

Baca Juga:   BMKG Sumsel Prakirakan Juli-Agustus Puncak Musim Kemarau, Ada Potensi Badai El Nino

Sebagai informasi, Tjahjo adalah kader PDIP dan pernah menjadi Sekjen.

Dia mundur dari posisinya sebagai sekjen PDIP pada 2014 silam setelah dipilih Joko Widodo (Jokowi) masuk ke dalam kabinet sebagai menteri dalam negeri.

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB.

Dalam karier politiknya, pria kelahiran 1 Desember 1957 itu pernah bergabung dengan Golkar sebelum menjadi kader PDIP. Dia pun tercatat pernah menjadi Ketua Umum KNPI. (*)

Editor: M. Anton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button