Jitoepedia

Ini Daftar Negara yang Menerapkan Program Makan Gratis untuk Anak-anak

JITOE.com – Indonesia bukanlah negara pertama yang mencoba menerapkan program makan siang gratis, sebagaimana program pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Beberapa negara ternyata telah lebih dulu melakukannya dengan tujuan memenuhi kebutuhan gizi anak-anak.

Perlu dketahui bahwa program makan siang ini sudah masuk ke dalam pembahasan Rancangan Kerja Pemerintah (RKP). Diperkirakan program yang diusung oleh Paslon nomor 2 akan menghabiskan anggaran APBN sekitar Rp400 triliun, dengan setiap anak menerima Rp15.000. Anggaran ini belum termasuk susu.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, program makan siang gratis akan menargetkan 28 juta siswa SD dan 12,5 siswa SMP.

10 Negara yang Menerapkan Program Makan Gratis untuk Anak Sekolah:

  1. Jerman: Memberikan dana untuk program makan gratis kepada anak-anak sekolah. Jerman juga memberikan subsidi kepada warga dengan pendapatan rendah.
  2. Spanyol: Menyalurkan program makan gratis kepada anak-anak dengan pendapatan rendah, termasuk anak-anak di panti asuhan, korban terorisme, dan penyandang disabilitas.
  3. Republik Malta: Anggarkan program makan gratis untuk anak-anak di bawah garis kemiskinan, penderita penyakit kronis, dan yang terdampak kekerasan dalam rumah tangga, baik bersekolah maupun tidak.
  4. Estonia: Siswa sekolah dasar dan menengah menerima program makan gratis termasuk susu, buah, dan sayur-sayuran sejak tahun 2002.
  5. Finlandia: Selama Perang Dunia II, Finlandia menyediakan makan gratis untuk 900.000 anak usia 6-16 tahun setiap harinya.
  6. Hungaria: Memasok makan gratis untuk siswa sekolah dasar dan memberikan potongan 50% pada tingkat menengah. Juga menyasar anak-anak di bawah naungan panti asuhan.
  7. Luksemburg: Program makan gratis ditentukan berdasarkan rata-rata pendapatan keluarga, dengan fokus pada anak-anak yang mengalami intimidasi akibat kemiskinan.
  8. Negara Siprus: Mensubsidi makan gratis untuk anak-anak dengan ekonomi minimum bruto, masalah kesehatan, dan yang tidak memiliki pendamping orang tua.
  9. Portugal: Menyalurkan makan gratis dengan ketentuan pendapatan rumah tangga, dengan target anak-anak di garis kemiskinan.
  10. India: Meskipun bukan di Eropa, India memberikan makan gratis kepada lebih dari 813 juta penduduk miskin selama setahun dengan anggaran 2 triliun rupee atau $24,2 miliar.
Baca Juga:   Sejarah Hari Tidur Sedunia Setiap Tanggal 15 Maret

Deretan negara ini dapat menjadi acuan untuk pemerintah Indonesia yang ingin menerapkan program makan siang gratis. Penting untuk memastikan program ini tepat sasaran dan memiliki anggaran yang jelas agar tidak disalahgunakan.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button