Nasional

Hore! Kartu Pra Kerja Gelombang 48 Dibuka, Dapat Insentif Rp4,2 Juta

JITOE – Program Pra kerja gelombang 48 resmi dibuka hari ini, Jumat (17/02/2023). Peserta mulai dapat mendaftar pada pukul 19.00 WIB di website resmi www.prakerja.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 48 skema normal untuk 10.000 peserta.

Nantinya, masing-masing peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 4,2 juta, dengan rincian Rp 3,5 juta biaya pelatihan, Rp 600 ribu insentif transportasi dan internet, serta Rp 100 ribu insentif pengisian survei.

“Silakan calon peserta yang berusia 18 sampai 64 tahun mendaftar secara mandiri, tanpa diwakilkan, tanpa joki. Jangan lupa klik gabung gelombang untuk mengikuti seleksi,” kata Airlangga dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (17/02/2023)

Baca Juga:   Penghentian Siaran Analog di Bali dan Palembang Rencana 20 Maret Diundur 31 Maret 2023

Peserta dapat mengikuti pelatihan baik secara daring maupun campuran antara pelatihan daring dan langsung, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022.

“Rapat komite cipta kerja memutuskan di 2023 Kartu Prakerja dijalankan dengan skema normal dan tidak lagi bersifat semi bansos, jadi lebih difokuskan pada peningkatan skill dengan porsi biaya pelatihan yang lebih tinggi dari insentif,” katanya.

Adapun kuota pelatihan dibatasi untuk 10 ribu peserta karena menyesuaikan dengan program yang bisa disediakan oleh lembaga pelatihan yang dikurasi oleh manajemen pelaksana kartu pra kerja dengan jumlah yang masih terbatas.

Airlangga mengatakan ke depan kuota peserta akan ditambah secara bertahap seiring dengan bertambahnya jumlah penyedia pelatihan.

“Pemerintah mengajak lembaga pelatihan berkualitas untuk mengikuti seleksi penyedia pelatihan, terutama lembaga pelatihan di wilayah Indonesia tengah dan timur, secara khusus di kota-kota yang sangat terbuka adalah Pontianak, Makassar, Kupang, dan Jayapura,” katanya.

Baca Juga:   Pembuat Miniatur Pesawat Garuda Dapat Hadiah Modal Usaha dari BRI Rp 50 Juta

Lembaga pelatihan yang ingin mendaftar menjadi penyedia program Kartu Prakerja dapat menghubungi platform digital yang telah bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja untuk mengikuti seleksi, salah satunya platform milik pemerintah yakni Siap Kerja.

Peserta pelatihan yang ingin menunggu program pelatihan yang lebih beragam dapat mendaftar di gelombang selanjutnya.

“Karena ada batas waktu pembelanjaan saldo pelatihan bagi peserta. Maka peserta yang ingin mengikuti pelatihan yang lebih variatif, bisa bergabung di gelombang selanjutnya,” katanya. (*)

Editor: M. Anton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button