SUMSEL

Gubernur HD: Kompetensi yang Bedakan antara Wartawan/Jurnalis dan Media Sosial

Editor: M. Anton

JITOE – Gubernur Sumsel H Herman Deru menyampaikan keberadaan media sosial membuat siapapun dapat menjadi jurnalis dan wartawan. Namun yang membuat perbedaan antara yang benar-benar jurnalis atau wartawan adalah Uji Kompetensi .
“Yang membedakan seorang wartawan yakni kompetensinya,” kata Herman Deru saat membuka Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis TV Indonesia (IJTI) dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel di The Alts Hotel Palembang, Minggu (4/12/2022).

Menurut Deru, wartawan tidak cukup dengan peralatan dan atribut yang digunakan untuk mewawancarai seseorang. Tugas seorang wartawan memberikan informasi yang valid dan aktual kepada masyarakat, dengan informasi yang seimbang dan tidak berpihak kemanapun.

Baca Juga:   Diduga Menyetubuhi Anak Bawah Umur, Lelaki Tua Dibekuk Unit PPA Polres OKU

“Tugas wartawan menyiarkan dan menyebarkan informasi kepada masyarakat seadil-adilnya,” ungkap Deru.

Digelarnya UKJ-UKW ini menurut Herman Deru, sangat membantu seorang wartawan untuk meningkatkan kompetensi. Tujuannya, dengan adanya kompetensi yang didapat, seorang wartawan dapat memberikan informasi yang tidak merugikan pihak manapun.

Kegiatan UKW diikuti 36 peserta masing-masing terdiri dari 18 mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) yang diselenggarakan oleh Ikatan Jurnalis TV Indonesia (IJTI) dan 18 peserta mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Sumsel serta literasi tentang pengaduan media kepada Dewan Pers tahun 2022, bekerjasama dengan Pemprov Sumsel.
“Saya sangat apresiasi kegiatan ini, harapannya semoga informasi yang diberikan tetap positif dan tidak merugikan siapapun,” tandasnya

Baca Juga:   Arkeolog Temukan Struktur Bata Kuno Peninggalan Keraton Tengkuruk

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kabidhumas Polda Sumsel diwakili Kasubbid pid Bidhumas Polda Sumsel AKBP Yoga Baskara Jaya, S.I.K., S.H.Kasihumas Polrestabes Palembang Kompol Abudhani, S.H., Kabiro Humas Protokol Provinsi Sumsel Rika Evianti, S.E., M.M, Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Herik Kurniawan.

Selain itu hadir pula Ketua Umum PWI Atal S. Depari, Ketua PWI Sumsel H. Firdaus Komar, Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumsel H. Kurniati Abdullah, Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Lampung Ir. Iskandar Zulkarnain, M.H, para Pimpinan Redaksi, Pimpinan instansi Vertikal BUMN, BUMD, dan Peserta Uji Kompetensi Jurnalis dan Uji Kompetensi Wartawan. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button