PalembangSUMSELWisata

Dermaga 7 Ulu Palembang dengan Konsep Modern Ditargetkan Rampung Pertengahan 2023

Editor: M. Anton

JITOE – Pembangunan Dermaga 7 Ulu di Kota Palembang ditargetkan rampung dan beroperasi pada pertengahan 2023. Sebelumnya dermaga yang dianggarkan pemerintah pusat sebesar Rp70 milliar itu, sempat terhenti karena terdampak pandemi COVID-19.

Rencananya Dermaga 7 Ulu Palembang akan dibuat dengan konsep dermaga modern berbasis digital dan paperless. Tujuan trayek Dermaga 7 Ulu Palembang untuk wilayah Sumsel melalui urat nadi Sungai Musi.

“Dermaga 7 Ulu ini nantinya akan terbagi dua, yaitu untuk angkutan barang dan jasa, serta angkutan penumpang,” kata Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Sumsel-Babel) Muhammad Fahmi di Palembang, Kamis (09/12/2022.

Baca Juga:   TA 2024, Penggantian Lampu Jalan di Palembang akan Direalisasi 7.497 Titik

Dalam rencana konsep Dermaga 7 Ulu ini dirancang bagian gapura depan berbentuk tanjak atau ikat kepala khas Palembang dengan tulisan Terminal Jukung.

Saat memasuki proyek pembangunan Dermaga 7 Ulu akan terlihat foto-foto atau gambar yang dimana ada denah, tampak depan dan samping bangunan Dermaga 7 Ulu, yang memiliki konsep modern.

Untuk kapasitas dermaga tersebut akan menyesuaikan dengan jumlah kapal yang beroperasi di kawasan tersebut.

“Untuk kapasitasnya menyesuaikan dengan kapal-kapal eksisting yang beroperasi di sana,” katanya. Ia menambahkan proyek ini adalah multiyears senilai Rp70 miliar.

Baca Juga:   Operasi Antipremanisme di Kawasan Rawan Kejahatan, Polda Sumsel Jaring Puluhan Preman

Dermaga 7 Ulu ini adalah program perapian kawasan Ampera maka konsep bangunan modern menjadi semangatnya, tanpa melupakan unsur kearifan lokal.

“Ke depan, konsep layanan pun akan kita sentuh dengan teknologi berbasis digital, paperless tentunya dalam hal pemberian perizinan, kelaikan kapal berbasis online, yang sudah menjadi tuntutan di jaman sekarang ini,” jelas Fahmi. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button