Palembang

Sehari usai dilantik, Pj Walikota Palembang didampingi Sekda langsung Cek Pasar tertua di Palembang

Jitoe.com- Palembang, Ucok Abdul Rauf Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang   yang baru dilantik menggantikan Ratu Dewa, Rabu (19/6/2024) hari ini, bersama sama mengecek langsung pasar tertua Palembang Pasar 16 Ilir Palembang.
Ucok Abdul Rauf sebelumnya menjabat Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  saat melakukan pengecekan  berkeliling memasuki bangunan Pasar 16 Ilir Palembang cukup lama, satu persatu ruas jalan pasar paling padat ini menjadi perhatiannya.
“Dari tinjauan ini perlu kita rapikan lagilah, aspek Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW dan Tata Ruang, ada beberapa yang harus kita tempatkan yang sebenarnya,” tegasnya.
Dia menjelaskan perlunya mengembalikan Pasar 16 untuk menjadi pasar yang ideal, yang mana pasar terbesar dan tertua  ini juga harus menjadi ruang publik untuk kenyaman bagi pengunjung, pedagang dan pembeli melakukan transaksi.
“Pasar ini sangat iconik menghadap  Sungai Musi tentu akan sangat indah, hanya saja belum masuk dalam pasar Ideal, tentunya masih banyak yang harus kita benahi,” tutur Ucok.
Meski belum masuk dalam pasar ideal, menurutnya, untuk konsep pasar ideal yang diinginkannya, dirinya belum berani untuk untuk melakukan revitalisasi pasar 16 Ilir sesuai dengan keinginannya.
“Kalau namanya revitalisasi itukan membutuhkan waktu jangka Panjang, jadi untuk saat ini perlulah sedikit sentuhan pembersihan untuk mempercantik dari seluruh aspek, bahkan perlu adanya pencahayaan di Pasar 16 Ilir ini,” tegasnya.
Bahkan dengan sentuhan itu, permasalahan yang kerap dikeluhkan seperti banjir dan sampah bisa dengan mudah diatasi.
“Ini pasar yang besarnya nanti juga kita akan mengecek pasar pasar tradisional yang kecilnya,” katanya.
Bahkan Dia berjanji, akan mengumpulkan semua asosiasi pedagang yang ada untuk duduk Bersama membahas keinginan pedagang pasar yang seperti apa.
“Seluruh asosiasi pedagang untuk membahas bersama apa yang diinginkan pedagang ini kedepannya seperti apa, dan nanti akan kita agendakan,” tegasnya.
Nantinya dalam pertemuan akan dikemukakan, konsep yang ditawarkan Pemerintah pasar itu seperti apa, dan dari pihak pemerintah juga harus membuka diri untuk menerima saran keinginan pedagang itu, ingin pasar itu seperti apa.

Baca Juga:   Inflasi Rendah, Sumsel Optimis Pertumbuhan Ekonomi Terkendali

“Kita nanti tanya langsung dengan pedagang maunya seperti apa, biar pasar ini menjadi lebih baik lagi dan saling bersinergi dan berkolaborasi untuk mensosialisasikan Pasar yang maju itu agar lebih baik untuk anak cucu,” tegasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button