OKU SelatanSUMSEL

Pembebasan Lahan Proyek Bendungan Tiga Dhaji Ditargetkan Selesai Mei 2022

Editor: Pudiyaka

JITOE – Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) Wilayah VIII Palembang mengaku masih menemui sejumlah kendala untuk mempercepat pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN) Bendungan Tiga Dihaji di Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan.

Kasatker BBWSS VIII, Lukman Hakim mengatakan salah satu penghambat sedikit lambannya pembangunan proyek strategis nasional tersebut adalah permasalahan pembebasan lahan.

Untuk saat ini, pihaknya masih mengerjakan terowongan penghubung, galian spillway serta jembatan penghubung sandaran kiri dan kanan.

“Kami juga tengah memperbaiki jalan akses menuju lokasi proyek. Sebab, jalan ini masih menggunakan jalan umum. Kenyamanan warga yang menggunakan jalan juga harus diperhatikan,” katanya, Senin (1/11/2021).

Upaya pembangunan jalan akses baru sepanjang 9,8 kilometer menuju lokasi tersebut sebagian besar menggunakan lahan hutan lindung sehingga BBWSS VIII harus mendapatkan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menggunakan lahan tersebut.

Baca Juga:   Rakor PBB KAB OKU umumkan rekruitment BACALEG

Pembebasan lahan di areal Bendungan Tiga Dihaji menurut BBWSSVIII ditargetkan masalah tersebut bisa selesai pada Mei 2022. “Sebagian besar lahan proyek juga masih ada yang belum dibebaskan. Targetnya seluruh lahan sudah bebas di Mei 2022,” jelas Lukman.

Sementara kegiatan infrastruktur di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, dijelaskan oleh Ir. Birendrajana, MT. – Kepala (Kabalai) BBWS Sumatera VIII, Ditjen SDA, Kementerian PUPR : “Wilayah kerja kami di Wilayah Sungai (WS) Musi,Sugihan, Banyuasin, Lemau (MSBL) di Sumatera Selatan (Sumsel). Selain di Sumsel, wilayah kerja kami sebagian di Jambi, sebagian Bengkulu, dan sebagian lagi di Lampung. Sedangkan aspek-aspek pengelolaannya terdiri dari, Konservasi Sumber Daya Air (SDA), Pendayagunaan SDA, dan Pengendalian Daya Rusak Air.” Kegiatan Konservasi SDA yang sedang berlangsung saat ini.  Proyek pembangunan Bendungan Tiga Dihaji yang direncanakan selesai tahun 2023, tutur Kepala BBWSS VIII. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button