JitoepediaTeknologi

Lindungi Anak di Bawah 18 Tahun, Meta Sembunyikan Konten Sensitif di IG dan FB

Demi melindungi anak di bawah usia 18 tahun, Meta mengumumkan akan melakukan perubahan yang akan secara kolektif menyembunyikan konten sensitif yang sebelumnya ditampilkan jika konten tersebut berasal dari pengguna yang diikuti.

Menurut Meta, pengguna di bawah usia 18 tahun tidak akan lagi ditampilkan konten sensitif terkait bunuh diri, penyiksaan diri, gangguan makan, ketelanjangan, dll., dan pengguna di bawah usia 18 tahun yang mencari konten tersebut akan diarahkan ke lembaga khusus. Perusahaan berencana untuk mengubah sistem sehingga memungkinkan orang meminta dukungan.

Regulasi ini merupakan regulasi penayangan terketat di Facebook dan Instagram. Meta sebelumnya telah memberlakukan pembatasan pada pengguna di bawah usia 18 tahun untuk menyembunyikan konten sensitif dari “pengguna yang tidak diikuti,” tetapi mulai sekarang mereka juga dapat menyembunyikan konten sensitif dari “pengguna yang diikuti.” Konten tidak akan ditampilkan lagi.

Baca Juga:   Viral Antiseptik Beralkohol Bersertifikasi Halal, Apa Kata Kemenag?

Sebelumnya, pendaftar baru secara otomatis tunduk pada pembatasan di atas, dan mulai sekarang, pembatasan yang sama akan diperluas juga ke pengguna yang sudah ada. Mulai tanggal 9 Januari 2024, Meta menyatakan bahwa hal ini ‘direncanakan akan sepenuhnya diimplementasikan dalam beberapa bulan mendatang.’

Awalnya, Meta memperbolehkan orang berbagi konten tentang bunuh diri, penyiksaan diri, dan ‘perjuangan’ dengan gangguan makan, tetapi dianggap tidak pantas untuk orang di bawah usia 18 tahun. Perusahaan telah fokus pada cara membuat konten sulit ditemukan. Dengan perubahan ini, regulasi secara menyeluruh akan akhirnya diimplementasikan.

Juga terungkap bahwa sistem perlindungan yang mencegah konten yang melanggar aturan Meta ditampilkan dalam hasil pencarian akan diperluas lebih lanjut untuk mencakup lebih banyak kata dan frasa. Perubahan ini berlaku untuk semua pengguna.

Baca Juga:   7 Situs dan 5 Grup Medsos Jual Beli Organ Tubuh Manusia Diblokir Buntut Kasus Bocah 11 Tahun di Makassar

Meta mendorong pengguna di bawah usia 18 tahun untuk secara teratur meninjau pengaturan privasi mereka, dan juga mengirimkan pemberitahuan yang memungkinkan mereka untuk memperketat pengaturan privasi dengan sekali ketuk. Dengan beralih ke pengaturan yang direkomendasikan oleh Meta, Anda dapat menyembunyikan komentar yang tidak senonoh dan membatasi pertukaran pesan hanya kepada pengikut Anda.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button