PalembangSUMSEL

Dirikan Bangunan di Atas Dranaine Bakal Dibongkar

JITOE – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan membongkar setiap bangunan yang didirikan di atas drainase. Pembongkaran akan dilakukan tim khusus yang beranggotakan Dinas Kebersihan, Satuan Polisi Pamong Praja, Kodim, Camat/Kelurahan dan relawan masyarakat.

Kepala Dinas PUPR Palembang Ahmad Bastari Yusak, Kamis (30/07/2022), mengatakan tim dibentuk guna menjalankan tugas normalisasi drainase untuk mencegah banjir.

Menurutnya, pembongkaran menyasar setiap bangunan berkonstruksi beton, kayu atau semacamnya yang telah menutupi saluran drainase.

Hal demikian harus menjadi perhatian dari semua pihak sebab, kata dia, keberadaan bangunan di atas drainase tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di Palembang yang belum teratasi secara maksimal.

Baca Juga:   Pasca 'Pembersihan Wajah Kota' Jln. Kapten A Rivai dan Angkatan 45 Palembang Kembali Kinclong

“Per Juli ini sudah 200 unit bangunan yang dibongkar, terus kami lakukan upaya ini dengan catatan tentunya, tim melakukannya secara humanis kepada masyarakat untuk melakukan pembongkaran ini,” kata dia.

Ia menjelaskan selain pembongkaran bangunan, Pemkot Palembang bersama Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) juga tengah melakukan normalisasi sungai, dan menyiapkan pembangunan kolam retensi di beberapa wilayah resapan air untuk mengatasi masalah banjir.

“Upaya pemerintah ini harapannya tidak ada artinya bila tanpa adanya dorongan positif dari masyarakat dalam menyelesaikan masalah banjir di Palembang yang ditargetkan selesai pada 2030,” tandasnya. (*)

Baca Juga:   Menyebut Diri Masyarakat Peduli Sumsel, Ini Pernyataan Mereka di Halaman Kantor Gubernur

Editor: M. Anton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button