Pendidikan

Calon Mahasiswa Lolos USMB, Tapi Tidak Daftar Ulang Dianggap Bukan Mahasiswa

Reporter: Dino Martin
Editor: M. Anton

JITOE – Koordinator Humas USMB Unsri Prof. Zulkifli Dahlan gelar konferensi pers di Gedung KPA Unsri Bukit Palembang guna mengingatkan Calon Mahasiswa Segera Daftar Ulang, Kamis (14/7/2022) 

Prof. Zulkifli menyampaikan penerimaan mahasiswa baru di Unsri di tahun 2022 memiliki daya tampung sebanyak 7.825 calon mahasiswa, dari tiga jalur yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)sebanyak 1.605 orang,  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 3.913 orang dan Ujian Saringan Masuk (USM) sebanyak 2.307 orang. 

“Bagi calon mahasiswa yang ingin melihat pengumuman bisa dilihat melalui link pengumuman https//usmb.unsri.ac.id. yang mulai dibuka pada pukul 17.00 WIB, Bagi yang  tidak lolos di Unsri, bisa ke PTS, jika pada pilihan lainnya mengisi pilihan untuk PTS,” ujarnya.

Baca Juga:   Pemulihan Pembelajaran Pasca Pandemi, Disdik Palembang Kembangkan Kurikulum Merdeka Belajar

Zulkifli mengatakan bahwa, kuota USMB Unsri dapat berubah melebihi dari kuota awal, Karena ada yang tidak daftar ulang saat SBMPTN. Mungkin karena saat lulus pada pilihan kedua tidak sesuai minat. 

“Dari pendaftar USMB 7925 orang, mungkin saja satu orang mendaftar dua kali, contah awalnya seorang calon mahasiswa mendaftar prodi A, lalu calon mahasiswa tersebut mendaftar lagi prodi B, kemudian Yang hadir saat tes hanya 7173 orang, sedangkan yang tidak hadir ada 755 orang. Jadi sekitar 91 persen yang ikut tes,”jelasnya. 

Zulkifli menambahkan bahwa pada saat membuka link pengumuman pukul 17.00 WIB, calon mahasiswa harus melihat apa yang harus dilakukan setelahnya. Ada pengisian biodata 14-20 Juli, kalau tidak mengisi biodata tidak bisa bayar UKT. Kalau tidak bayar UKT tidak dianggap mahasiswa. Waktunya singkat untuk proses daftar ulang, karena sudah masuk tahun Akademik. Agustus sudah masuk tahun ajaran baru, Kemudian tes kesehatan 18-21 Juli, registrasi ulang (upload berkas 18-22 Juli 2022).

Baca Juga:   Unsri Buka Pendaftaran Jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Tahun 2023

“Bagi yang belum berhasil di USMB jenjang S1 bisa ikut program Diploma 3, yang pendaftarannya hingga 17 Juli, ujian jenjang dan alih jenjang tanggal 19 Juli. Pengumuman jenjang D3 dan alih jenjang 21 Juli 2022,” tutupnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button