Jitoepedia

Baking Soda dan Soda Kue Apakah Sama atau Berbeda?

Baking soda dan soda kue (baking powder) adalah dua bahan yang digunakan dalam pembuatan adonan kue, tetapi keduanya memiliki perbedaan penting.

  1. Baking Soda (Natrium Bikarbonat):
    • Baking soda adalah senyawa kimia tunggal yang dikenal sebagai natrium bikarbonat.
    • Baking soda bersifat basa (alkaline) dan memerlukan asam untuk mengaktifkannya. Ketika bereaksi dengan asam, seperti cuka atau krim tartar, baking soda menghasilkan gas karbon dioksida, yang membantu adonan kue mengembang.
    • Baking soda cenderung memiliki rasa yang agak pahit, oleh karena itu, penggunaannya harus seimbang dengan asam untuk menghindari rasa pahit dalam kue.
  2. Soda Kue (Baking Powder):
    • Soda kue, atau baking powder, adalah campuran antara baking soda, asam (biasanya asam tartarat), dan amylum (seperti tepung jagung).
    • Baking powder adalah campuran yang sudah seimbang antara bahan asam dan basa, sehingga dapat menghasilkan gas karbon dioksida ketika terkena kelembaban dan panas tanpa memerlukan tambahan asam eksternal.
    • Baking powder memiliki rasa yang netral dan tidak pahit.
Baca Juga:   10 Buah Ampuh Ringankan Radang Tenggorokan

Jadi, meskipun keduanya digunakan untuk mengembangkan adonan kue, baking soda dan soda kue berbeda dalam cara kerja dan komposisi. Pemilihan antara keduanya tergantung pada resep yang digunakan dan sejauh mana asam telah termasuk dalam adonan. Dalam beberapa resep, kedua bahan ini mungkin digunakan secara bersamaan untuk mencapai hasil yang diinginkan.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button