Jitoepedia

Arti Warna dan Kode Angka di Stiker Buah di Supermaket [Wajib Kamu Ketahui]

JITOE.com – Jika kamu sering melihat stiker pada buah-buahan di supermarket, tahukah bahwa setiap warna dan angka pada stiker tersebut memiliki arti khusus? Stiker tersebut biasa disebut dengan Price Look Up (PLU) dan memberikan informasi penting terkait buah yang akan kamu beli.

Kode PLU ini dikeluarkan oleh International Federation Product Standards (IFPS) dan dirancang untuk memudahkan pelacakan stok, mengetahui harga dari penjual lain, serta membantu pendataan pembelian buah oleh konsumen.

Ternyata, bukan hanya sebagai penanda harga, kode PLU juga menyimpan informasi mengenai cara penanaman buah tersebut, apakah dengan metode konvensional atau organik. Untuk memahami lebih lanjut, mari simak penjelasan singkat di bawah ini.

  1. Stiker empat angka dengan awalan 3 atau 4
    Jika buah memiliki stiker empat angka dengan awalan angka 3 atau 4, ini menandakan bahwa buah tersebut ditanam dengan metode pertanian konvensional. Proses penanamannya melibatkan penggunaan pupuk dan pestisida. Pastikan untuk mencuci buah ini dengan bersih sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan residu pestisida.
  2. Stiker lima angka dengan awalan 8
    Stiker berisi lima angka yang diawali dengan angka 8 menandakan bahwa buah tersebut telah dimodifikasi secara genetik. Proses modifikasi genetik bertujuan untuk mendapatkan bibit unggul dan mempercepat hasil panen. Bagi yang peduli dengan kemurnian dan kandungan nutrisi, sebaiknya hindari buah dengan kode ini karena kontroversi terkait dampak pada nilai gizi.
  3. Stiker lima angka dengan awalan 9
    Buah dengan stiker lima angka yang diawali dengan angka 9 menunjukkan bahwa buah tersebut ditanam secara organik. Cocok bagi mereka yang mengutamakan makanan sehat dan organik.
Baca Juga:   Bagaimana Cara Memilih Buah dan Sayur yang Benar

Dengan memahami kode PLU ini, diharapkan konsumen dapat membuat pilihan yang lebih cerdas saat membeli buah-buahan di supermarket.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button