Berita UnikTeknologi

Anti Bocor, Ban Tanpa Angin Bakal Dipasarkan!

Editor: M. Anton

JITOE – Ban tanpa angin atau udara bakal dipasarkan. Pabrikan ban asal Perancis, Michelin, yang memproduksi ban tanpa angin/ Unique Puncture-proof Tier System (Uptis) mengklaim, pengendara tak perlu lagi takut kehilangan kendali atau terpaksa berhenti karena ban bocor saat dalam perjalanan.

Dikutip dari situs resmi Michelin, teknologi ban tanpa angin itu telah dikembangkan selama lebih dari 16 tahun. Telah dilakukan uji coba sejak tahun 2021 lalu, dan akan dirilis tahun 2024 mendatang.

Ban tanpa angin Uptis bakal dijual dengan harga di kisaran US$40 hingga US$65 atau sekitar Rp622 ribu sampai Rp1 juta per ban (kurs Rp15.568).

Baca Juga:   2028, Taksi Terbang Indonesia Bakal Meluncur Lawan Kemacetan

Ban tanpa angin mempunyai struktur unik pada bagian dinding yang berfungsi sebagai penyangga antara bagian tapak ban dengan pelek. Dengan struktur tersebut, kerja ban tak akan menggunakan tekanan udara.

Untuk daya tahan, Michelin menyampaikan tidak ada cara untuk mengetahui berapa lama bertahan. Pengemudi harus memeriksa ban maksimal lima tahun. Namun, ban tanpa angin disebut dapat bertahan sekitar tiga kali lebih lama dari ban konvensional.

Ban jenis ini sebenarnya sudah digunakan untuk kendaraan tertentu seperti mobil golf maupun mesin pemotong rumput.
Namun, untuk digunakan pada mobil atau kendaraan penumpang yang lebih besar masih dalam pengujian. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button