JitoepediaTeknologi

Android Versus iPhone Mana yang Terbaik dari Sisi Keamanan?

JITOE.com – Pertanyaan tentang keamanan ponsel selalu menarik perhatian, terutama dalam perdebatan Android versus iPhone.

Ernestas Naprys dari Cybernews melakukan eksperimen menarik untuk mengetahui sistem operasi mana yang lebih aman: Android atau iOS.

Dalam eksperimennya, Naprys memulai dengan mengatur ulang iPhone SEO dan sebuah ponsel Android Samsung. Kedua ponsel itu kemudian diisi dengan 100 aplikasi teratas dari App Store dan Play Store Jerman.

Selama lima hari, Naprys memantau aktivitas kedua ponsel saat tidak digunakan. Hasilnya menunjukkan bahwa iPhone rata-rata menghubungi server eksternal lebih sering daripada Android. Namun, kebanyakan server yang diakses oleh iPhone adalah milik Apple, sementara Android terhubung dengan server pihak ketiga, beberapa di antaranya dari negara yang tidak aman secara siber.

Baca Juga:   Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Dunia Karena Kecelakaan Helikopter

Meskipun demikian, jumlah koneksi tidak selalu menandakan ancaman langsung. Aktivitas jaringan yang tinggi bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk pembaruan perangkat lunak atau proses sistem.

Namun, keamanan perangkat juga dipengaruhi oleh jenis aplikasi yang diinstal. Aplikasi dari App Store cenderung lebih aman daripada Play Store.

Namun, tanpa pemeriksaan data yang cermat, sulit menentukan perbedaan keamanan antara Android dan iOS. Selain itu, peran pengguna sangat penting dalam menjaga keamanan, termasuk melakukan pembaruan perangkat dan mengatur privasi dengan bijak.

Secara keseluruhan, pendekatan keamanan antara kedua sistem operasi berbeda. Apple memiliki proses ketat dalam memverifikasi aplikasi, sementara Google cenderung lebih longgar meskipun terus memperketat persyaratan mereka.

Baca Juga:   Daun Pecut Kuda dan Khasiatnya

Akhirnya, perbandingan antara Android dan iOS bukan hanya tentang keamanan bawaan sistem operasi, tetapi juga melibatkan faktor lain seperti kebijakan pengembang, praktek pengguna, dan ancaman eksternal.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button