PalembangSUMSEL

7 Desa di Sumsel Raih Penghargaan Desa Cantik (Cinta Statistik) Award

JITOE.com, Palembang – Pejabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, hadir dan membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Pertanian 2023 (ST2023) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan.

Tema Rakorda ini adalah “kolaborasi dalam pemanfaatan dan penyebarluasan data hasil ST2023 untuk melanjutkan Sumsel Mandiri Pangan.” Acara berlangsung di Hotel Harper Palembang pada Senin, 4 Desember 2023.

Dalam kegiatan tersebut, ada 7 Desa yang meraih penghargaan Desa Cantik (Cinta Statistik) Award. Desa-desa tersebut meliputi Desa Lubuk Rukam (Kabupaten OKU), Desa Tanjung Menang (Kabupaten OKI), Desa Gedung Agung (Kabupaten Lahat), Desa Bailangu (Kabupaten Musi Banyuasin), Desa Tebat Jaya (Kabupaten OKU Timur), Kelurahan Talangbubuk (Palembang), dan Kelurahan Muara Sungai (Prabumulih).

Baca Juga:   Disdukcapil Palembang: 10.451 Warga Palembang Telah Miliki KTP Digital

“Saya ucapkan selamat kepada semua Kepala Desa dan Lurah yang menerima penghargaan, tentunya ini merupakan hasil dari kerja keras dan kerjasama dari bapak/ibu sekalian “, ucap Fatoni.

Fatoni meminta kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Sumatera Selatan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menjalankan gerakan pangan mandiri, gerakan tanam murah sehingga kebutuhan pangan pokok bisa dipenuhi secara mandiri. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menanggulangi inflasi di Sumsel dapat terkendali.

Terkait dengan hasil ST2023 yang nantinya akan dirilis, Fatoni berharap semoga data yang dikeluarkan dapat menjawab kebutuhan data dari level daerah, nasional bahkan nternasional.

‘Data yang dimiliki dapat juga untuk mengambil kebijakan dan langkah yang tepat dalam menangani permasalahan Stunting di Sumsel, apalagi jika diterapkan program orang tua asuh. Dimana anak stunting diberikan gizi yang cukup oleh masyarakat yang berkemampuan. Dengan begini maka angka stunting di Sumsel dapat lebih kita turunkan lagi”, ungkapnya.

Baca Juga:   Sejarawan Palembang Ajak Masyarakat Selamatkan Naskah Kuno

Sementara itu, Kepala BPS Sumsel, Wahyu Yulianto menyampaikan bahwa pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 dilakukan sejak Tahun 2020.

“Kami BPS Sumsel juga Melakukan pembinaan kegiatan statistik kepada OPD dan sektoral serta pembinaan Kepada Desa – Desa terkait dengan program Desa Cantik”, ungkapnya.

Turut hadir Ketua TIM Produksi BPS Sumsel, Sukerik, dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.(*) RIL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button